Hukum & Kriminal

KPK Geledah Beberapa OPD dan Periksa Banyak Dokumen di Balai Kota Among Tani

KPK keluar dari gedung Balai Kota Among Tani, Batu dengan sejumlah koper diduga berisi dokumen.

Malang (beritajatim.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah sejumlah kantor organisasi perangkat daerah yang berada di Balai Kota Among Tani, Batu, Kamis, (7/1/2021). Penggeledahan hari kedua merupakan lanjutan dari dugaan korupsi perkara gratifikasi di Pemkot Batu dalam kurun waktu 2011 hingga 2017.

Beberapa kantor dinas yang digeledah antara lain, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP-TK), Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Sehari sebelumnya, Dinas Pariwisata, Kantor Dinas Pendidikan dan Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) telah digeledah.

Selama di Balai Kota Among Tani, Batu. KPK menjadikan kantor Dinas Penanggulangan Kebakaran dan DPMPTSP-TK sebagai tempat pemeriksaan sejumlah orang. Tampak Sekretaris Daerah Batu, Zadim Efisiensi dan Kepala Dinas Pendidikan Batu Eny Rachyuningsih keluar dari ruang DPMPTSP-TK.

“Saya tidak ke KPK. Hanya koordinasi dengan Pak Muji (Kepala Dinas DPMPTSP-TK, Dwi Muji Leksono) saja,” ujar Eny.

Pernyataan Eny, berbeda dengan keterangan Kepala Dinas DPMPTSP-TK, Dwi Muji Leksono. Dia menyebutkan bahwa Eny datang menyerahkan dokumen kepada KPK. Namun, soal isi dokumen Muji tidak mengetahuinya.

“Saya tidak tahu dokumen apa yang diperiksa KPK. Tadi yang ke sini dari Dinas Pendidikan. Menyerahkan dokumen di meja. Ada mejanya sendiri,” kata Muji.

Muji mengatakan selama pemeriksaan di kantornya. KPK menggeledah sejumlah dokumen. Dia mengaku tidak tahu persis dokumen yang sedang dicari oleh KPK. Saat ditanya soal dokumen perizinan wisata dia hanya menyebut banyak tempat wisata di Kota Batu.

“Kegiatan di dalam tadi memeriksa dokumen. Tidak ada pertanyaan ke saya. Tempat wisata banyak,” ucap Muji.

Sebelumnya, Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan dan mengamankan sejumlah dokumen terkait kegiatan proyek-proyek pekerjaan dan juga dokumen perijinan tempat wisata pada dinas pariwisata kota Batu kurun waktu tahun 2011-2017. Hal ini menyusul penggeledahan yang dilakukan terhadap beberapa kantor dinas Pemerintah Kota Batu Jawa Timur.

“Berikutnya tim akan menganalisa dan segera melakukn penyitaan terhadap dokumen dimaksud sebagai barang bukti dalam perkara ini,” ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri. [luc/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Coba Yuk, Snack Berlumur Saus Hummus

Rela Tinggalkan Dokter Spesialis

Ngobrol dengan Komunitas Berbagi di Surabaya