Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

KPK Geledah 3 Kantor Dinas Kabupaten Probolinggo

Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan suaminya Hasan Aminuddin yang ditangkap oleh KPK, beberapa waktu lalu.

Jakarta (beritajatim.com) – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah sejumlah kantor dinas dalam penyidikan dugaan korupsi terkait seleksi jabatan dilingkungan pemerintah Kabupaten Probolinggo tahun 2021. Dalam penggeledahan tersebut KPK mengamankan sejumlah dokumen dan barang elektronik terkait perkara yang menjerat Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari (PTS).

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, tim Penyidik KPK telah melakukan penggeledahan di 4 lokasi berbeda di wilayah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur pada Selasa (28/9/2021) kemarin. Adapun lokasi tersebut adalah Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, Kantor Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo, dan Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo.

“Satu lagi merupakan Rumah kediaman dari pihak yang terkait dengan perkara di Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo,” ujar Ali tanpa menjelaskan pihak terkait yang dimaksud, Rabu (29/9/2021).

Dia hanya menerangkan, dari 4 lokasi ini, Tim Penyidik menemukan dan mengamankan bukti diantaranya berbagai dokumen dan barang elektronik yang terkait dengan perkara.

“Seluruh bukti yang ditemukan ini, segera dilakukan analisa untuk dilakukan penyitaan dan menjadi bagian dari berkas perkara Tsk PTS dkk,” kata Ali.

Sebelumnya, Tim penyidik KPK melakukan penggeledahan secara berturut-turut pada Jumat (24/9/2021) dan Sabtu (25/9/2021) beberapa lokasi terkait penyidikan dugaan korupsi seleksi jabatan di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Penggeledahan dilakukan di Kantor Dinas Penanaman Modal dan PTSP (Mal Pelayanan Publik) Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Sementara pada Sabtu (25/9/2021) yang berlokasi di 2 tempat yaitu rumah kediaman dari pihak yang terkait dengan perkara ini, beralamat di Kalirejo Dringu Kabupaten Probolinggo dan di Semampir Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Dari 3 lokasi tersebut, ditemukan dan diamankan bukti diantaranya berbagai dokumen yang terkait dengan perkara.

Seperti diketahui, dalam kasus ini KPK menetapkan 22 tersangka sekaligus dalam kasus dugaan korupsi terkait seleksi jabatan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo tahun 2021. Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan suaminya Hasan Aminuddin yang juga anggota DPR bersama DK (Doddy Kurniawan) dan MR (Muhamad Ridwan) menjadi tersangka penerima suap.

Adapun tersangka pemberi yang merupakan ASN Pemerintah Kabupaten Probolinggo adalah SO (Sumarto) AW (Ali Wafa), MW (Mawardi), MU (Mashudi), MI (Maliha), MB (Mohammad Bambang),
MH (Masruhen), AW (Abdul Wafi), KO (Kho’im), AS (Ahkmad Saifullah), JL (Jaelani), UR (Uhar), NH (Nurul Hadi), NUH (Nuruh Huda), HS (Hasan), SR (Sahir), SO (Sugito), dan SD (Samsuddin). Kini mereka sudah ditahap di berbagai rumah tahanan di Jakarta. [hen/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar