Hukum & Kriminal

Konsumsi Narkoba, Sejoli Ini Dihukum 4 Tahun Penjara

Surabaya (beritajatim.com) – Majelis hakim yang diketuai Johanis menjatuhkan pidana penjara selama empat tahun terhadap sejoli Harianto dan Rebecca Patricia. Selain hukuman badan, keduanya juga dijatuhi denda Rp 800 juta dengan subsider dua bulan kurungan.

Vonis ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Gede Willy Pramana yang menuntut enam tahun pada keduanya.

Majelis hakim menyatakan bahwa kedua Terdakwa bersalah lantaran melanggar pasal 114 ayat (1) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“Menjatuhkan pidana penjara selama empat tahun,” ujar hakim Johanis dalam putusannya.

Dalam dakwaan JPU dijelaskan perbuatan Terdakwa dilakukan pada Rabu, 16 September 2020, sekira pukul 14.00 WIB bertempat didalam kamar kos Jalan Medokan Ayu 2 No. 1-3 Kel Medokan Ayu Kec Rungkut, Surabaya.

Pada saat itu terdakwa habis menggunakan sabu. Bahwa pada saat dilakukan penggeledahan terhadap terhadap para terdakwa ditemukan satu buah pipet kaca yang didalamnya masih terdapat sisa narkotika jenis sabu dengan berat ± 2,07 (dua koma nol tujuh) gram beserta pipet kacanya.

Kesemua barang bukti tersebut diatas berada diatas meja didalam kamar kos Jalan Medokan Ayu 2 No. 1-3 Kel Medokan Ayu Kec Rungkut, Surabaya.

Bahwa narkotika jenis sabu tersebut didapatkan oleh terdakwa Harianto dengan cara membeli dari Sipul (DPO) seharga Rp 300.000 menggunakan uang milik terdakwa Harianto, pada hari Sabtu tanggal 12 September 2020, sekira pukul 10.00 WIB bertempat di Pertigaan Tangkil Bangkalan Madura.

Bahwa sabu tersebut telah dikonsumsi oleh para terdakwa bersama-sama dengan Lita (DPO) pada hari Rabu 16 September 2020 sekira pukul 12.30 wib bertempat di kamar kos saudari Lita (DPO) di Jalan Medokan Ayu 2 No. 1-3 Kel Medokan Ayu Kec Rungkut, Surabaya. [uci/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar