Hukum & Kriminal

Komplotan Pembobol ATM dengan Senar Pancing Diringkus Polres Ponorogo.

MODUS BARU - Kapolres Ponorogo AKBP. Radiant menunjukan barang bukti dalam kasus pembobolan ATM dengan senar pancing, Jumat (13/9/2019).(foto : Endra Dwiono).

Ponorogo (beritajatim.com) РKomplotan pembobol mesin anjungan tunai  mandiri (ATM) berhasil diringkus satuan Reskrim Polres Ponorogo. Pelaku berinisial MR dan JS, sedangkan pelaku lainnya yakni DN dan D masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

”Dua pelaku lainnya masih dalam pengejaran petugas kami,” kata Kapolres Ponorogo AKBP Radiant, Jumat (13/9/2019).

Kasus pembobolan mesin ATM ini berawal laporan dari pihak Bank Jatim Ponorogo. Dimana salah satu ATMnya yang berada di jalan Basuki Rahmat Kelurahan Tonatan Ponorogo, saat pengecekan tidak ada kesesuaian antara saldo dan jumlah uangnya. Kemudian pihak bank mengecek dengan melihat CCTV, ada dua orang yang dicurigai.

”Pihak bank langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polres Ponorogo,” katanya.

Setelah dilakukan penyelidikan, Polres Ponorogo berhasil menangkap pelaku MR di Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan JS ditangkap di wilayah Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun. Dari hasil pemeriksaan, pelaku membobol uang di ATM Bank Jatim tersebut dengan menggunakan senar pancing.

”Ini modus baru di Ponorogo, dengan menggunakan senar pancing dan kailnya juga,” katanya.

Para pelaku kata Radiant merupakan para residivis dalam kasus yang berbeda-beda ada pengancaman, dan ada juga pembobol ATM dengan menggunakan korek api. Mereka berkenalan pada saat menjalani hukuman di lapas Bantul Jogjakarta.

”Para tersangka ini dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang dugaan tindak pidana pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara,” pungkasnya.(end/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar