Hukum & Kriminal

Kesadaran Masyarakat Bermasker Rendah, Kasrem 084 Minta Aktifkan Satgas Desa

Sumenep (beritajatim.com) – Kasrem 084 Bhaskara Jaya, Kolonel Inf Handoko Nurseta menilai kesadaran masyarakat Sumenep untuk mengenakan masker sangat rendah. Hal itu diungkapkan setelah Kasrem bersama Wakil Bupati dan jajaran Forkopimda Sumenep ‘blusukan’ ke Pasar Anom Sumenep, memantau pelaksanaan protokol kesehatan di pasar induk tersebut.

“Saya lihat ini tadi sebenarnya mereka punya masker. Tapi gak dipakai. Cuma disimpan. Masker dipakai hanya kalau ada petugas. Kesimpulannya, kesadaran masyarakat Sumenep untuk taat protokol kesehatan masih sangat rendah,” katanya Rabu (03/02/2021).

Ia mengajak masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan, karena masa pandemi belum berakhir. Mengenakan masker saat keluar rumah berarti melindungi diri sendiri dan orang-orang sekitar.

“Covid ini benar-benar ada. Ayo bersama-sama menegakkan protokol kesehatan. Memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun,” ujarnya.

Ia juga berharap diaktifkannya Satgas Covid-19 hingga tingkat desa, untuk menggugah kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan. “Satgas itu perlu ada hingga tingkat desa. Jangan hanya di kecamatan. Ini supaya lebih mudah mengajak masyarakat taat protokol kesehatan,” ucapnya.

Sementara Wakil Bupati Sumenep, Ach. Fauzi mengaku akan mempertimbangkan usulan tersebut. Untuk Satgas Covid, selain di Kabupaten, juga akan ada Satgas tingkat kecamatan. “Setidaknya nanti ada Satgas tingkat kecamatan. Yang bertanggungjawab camatnya. Ini nanti akan mengkoordinasikan hingga tingkat desa,” ucapnya. (tem/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar