Hukum & Kriminal

Kemenpan-RB Apresiasi Samsat Rame dan Samsat Apung Polres Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Dua inovasi baru terkait dengan pelayanan publik, yakni Samsat Rame dan Samsat Apung milik Polres Gresik, mendapat apresiasi dari Deputi Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan-RB), Diah Natalisa saat berkunjung di Mapolres Gresik, Selasa (3/03/2020).

Tujuan kedatangan Deputi Pelayanan Publik Kemenpan-RB itu, untuk melihat infrastruktur pelayanan di Mapolres Gresik. Ada gedung baru yang digunakan sebagai tempat melayani masyarakat terkait pelayanan SKCK maupun SPKT.

Menurut Diah Natalisa, selama ini pelayanan SKCK di Polres Gresik, sangat beda jauh dengan pelayanan SIM di Satpas. Perbedaannya, masyarakat dilayani layaknya seperti di perbankan. “Dengan adanya infrastruktur yang semakin baik, profesionalisme SDM akan semakin meningkat. Gedung yang semakin nyaman, penyelenggara pelayanan publik harus lebih semangat memberikan pelayanan,” ujarnya.

Ia menambahkan, fasilitas pelayanan di Polres Gresik sangat lengkap. Mulai dari tempat bermain anak, ada antrean, vivo jalan, tempat baca, untuk lansia, ruang menyusui dan sejumlah fasilitas lainnya. “Yang menjadi surprise disini ada dua inovasi baru. Samsat Rame dan Samsat Apung. Insyaallah warga Gresik dan sekitarnya akan dimanjakan melalui pelayanan,” imbuhnya.

Pelayanan tersebut kata Diah Natalisa, lebih menitikberatkan pada jemput bola. Masyarakat cukup menunggu di rumahnya masing-masing. Selanjutnya, petugas yang datang dengan membawa alat yang canggih. Layanan ini juga diperuntukkan bagi masyarakat Pulau Bawean terkait dengan inovasi Samsat Apung.

Sementra itu, Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo menyatakan dirinya berharap atas masukan dan arahan yang diberikan dapat menjadi evaluasi kedepan. “Mengenai pelayanan ini kami telah membuat Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk mengetahui seberapa puas pelayanan Polres Gresik,” tandasnya. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar