Hukum & Kriminal

Dugaan Pungli Akta Nikah

Kemenag Sampang Benarkan Sejumlah Kepala KUA Dipanggil Kejari

Sampang (beritajatim.com) – M. Holil Kasi Bimas Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang, membenarkan ada sejumlah kepala Kantor Urusan Agama (KUA) yang dipanggil oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) terkait pengaduan masyarakat (dumas) atas dugaan pungli akte nikah.

“Tetapi perlu saya tegaskan bahwa pengurusan duplikat akte nikah itu gratis tidak dikenai biaya, jadi laporan tersebut tidak benar,” terangnya, Kamis (13/6/2019).

Lanjut M. Holil, Terkait agenda pemeriksaan Kejaksaan terhadap kepala KUA hanya ingin mencocokkan apakah benar laporan masyarakat dengan keterangan kepala KUA dan operatornya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, sebanyak empat pejabat KUA telah diperiksa oleh Kejaksaan atas dumas yang melaporkan tentang dugaan pungli duplikat akte nikah. Pungli per akte nikah, diduga sebesar Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu.

“Iya benar kita pangil beberapa kepala KUA untuk dimintai keterangan, sifatnya kami masih pengumpulan data. Bahkan kita akan mengagendakan pemangilan kepala Kemenag Sampang,” jelas Edi Sutomo Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Sampang. [sar/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar