Hukum & Kriminal

Kelurahan Ngronggo Kediri Dinobatkan Sebagai Kampung Tangguh Bersih Narkoba

Kediri (beritajatim.com) – Tidak berhenti sebagai Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar), Kelurahan Ngronggo, Rabu pagi (16/6/2021) diresmikan sebagai kampung tangguh bersih narkoba. Peresmian tersebut dilakukan oleh Wakapolres Kediri Kota, Komisaris Polisi Teguh Santoso. Dalam agenda peresmian yang diselenggarakan di balai kelurahan Ngronggo tersebut, ditandai dengan pemukulan gong oleh Kompol Teguh Santoso.

“Di Kota Kediri, Ngronggo ini merupakan kelurahan pertama yang dinobatkan sebagai kampung tangguh bersih Narkoba,” terang Teguh.

Dijelaskan oleh Teguh, kampung tangguh bersih narkoba ini merupakan program nasional yang diterapkan disetiap daerah termasuk salah satunya di Kota Kediri. “Targetnya nanti seluruh Kelurahan di Kota Kediri ini akan dinobatkan sebagai kampung tangguh bersih narkoba,” imbuhnya.

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa kedepannya dalam pelaksanaan program kegiatan akan bersinergi dengan satuan reserse Narkotika dan Badan Narkotika Nasional (BNN) guna melakukan pencegahan peredaran Narkoba. “Kita juga secara terus menerus akan melakukan pendampingan terhadap kampung tangguh bersih narkoba, secara berkala melakukan monitoring guna memastikan tidak ada kasus peredaran narkoba,” pungkasnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah Kota Kediri melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) juga turut berperan aktif dalam upaya memberantas peredaran Narkoba dan obat-obatan terlarang di Kota Kediri.

Dalam kesempatan tersebut, Eko Lukmono, Kepala Satpol PP Kota Kediri mengatakan bahwa perlu peran dari masyarakat dalam upaya pemberantasan Narkoba. “Pemberdayaan masyarakat dalam memerangi Narkoba menjadi salah satu kunci untuk menekan peredaran Narkoba di tingkat bawah,” ungkapnya.

Menurut Eko, keterlibatan aparat dalam melakukan penegakan kalau tidak disertai peran serta dari Masyarakat nampaknya akan mustahil. “Jadi dengan pembentukan kampung tangguh bersih Narkoba ini menjadi salah satu embrio peran serta masyarakat dalam upaya untuk memberantas peredaran Narkoba secara massive,” tandas eko.

Sementara itu, Heru Sugiarto, lurah Ngronggo menyambut baik penobatan Kelurahan Ngronggo sebagai kampung tangguh bersih Narkoba. “Kedepan kami bersama dengan satgas anti Narkoba dan elemen-elemen terkait lainnya akan terus melakukan sosialiasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya dari Narkoba sebagai upaya untuk menekan peredarannya,” terang Heru.

Heru mengatakan, sejumlah kegiatan tersebut akan diwujudkan semenarik mungkin supaya dapat mengintervensi warga untuk menjauhi Narkoba. “Diantaranya berupa lomba-lomba, kampanye anti narkoba dengan kostum ronggo dan sinar, serta tidak lupa mengajak peran serta ibu-ibu PKK sebagai kader anti narkoba dalam lingkup keluarga,” pungkasnya.

Diakhir acara dilakukan penandatangana komitmen oleh elemen yang hadir dalam agenda tersebut. Meliputi Polres Kediri Kota, Satpol PP, BNN, Kodim 0809, Bea Cukai, dan Eklesia Foundation. [nm/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar