Hukum & Kriminal

Kelurahan Balongsari Dilaunching Sebagai Kampung Tangguh Bersih Narkoba

Waka Polresta Mojokerto, Kompol Iwan Sebastian saat launching Kampung Tangguh Bersih Narkoba. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) -Polresta Mojokerto melaunching Kelurahan Balongsari, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, sebagai Kampung Tangguh Bersih Narkoba (Bersinar). Hal itu dalam rangka mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum setempat. Kampung Tangguh Bersinar merupakan instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

“Kampung Tangguh Bersih Narkoba adalah sebuah pilot project kolaborasi dengan stakeholder berupa gerakan atau aksi nyata untuk menciptakan wilayah Kota Mojokerto bersih narkoba. Aksi nyata tersebut dengan menitikberatkan pada keterlibatan elemen masyarakat yang aktif secara personal atau kelompok,” ungkap Waka Polresta Mojokerto, Kompol Iwan Sebastian saat launching di Kantor Kelurahan Balongsari, Kamis (17/6/2021).

Pembentukan Kampung Tangguh Bersih Narkoba merupakan instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia termasuk di wilayah Kota Mojokerto. Ini sebagai salah satu upaya pencegahan dan penyalahgunaan narkoba di wilayah Indonesia.

“Seperti yang kita ketahui bersama peredaran narkoba di wilayah Kota Mojokerto cukup marak. Oleh karena itu, untuk memutus mata rantai peredaran dan penyalahgunaan narkoba diperlukan kerjasama dan partisipasi semua unsur masyarakat yang ada di Kota Mojokerto,” katanya.

Dengan dibentuknya Kampung Tangguh Bersih Narkoba diharapkan sedikit demi sedikit dapat menjadikan wilayah Kota Mojokerto bebas dari narkoba. Peredaran narkoba yang berhasil diungkap Satnarkoba Polresta Mojokerto periode 1 Januari hingga 15 Juni 2021, kasus okebaya sebanyak 10 kasus dan kasus narkotika sebanyak 85 kasus.

“Total keseluruhan sebanyak 95 kasus dengan 105 tersangka. Dengan barang bukti sabu sebanyak 742,41 gram, pil double L sebanyak 209.260 butir dan extacy sebanyak 45 butir dan 1,26 gram,” jelasnya. [tin/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar