Hukum & Kriminal

Kejari Sidoarjo Canangkan WBK dan WBBM

Sidoarjo (beritajatim.com) – Kejari Sidoarjo mencanangkan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Pencanangan ini ditandai dengan Ikrar komitmen ZI oleh seluruh pegawai Kejari Sidoarjo yang selanjutnya diteruskan dengan penandatanganan pakta integritas yang merupakan syarat menuju ZI.

Kepala Kejari Sidoarjo Budi Handaka mengatakan, perubahan perilaku secara institusi maupun personal telah dilakukan untuk sebuah tujuan yang mulia dalam memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat.

“Hari ini kita mencanangkan ZI menuju WBK, WBBM dilingkungan Kejari Sidoarjo, serta penambahan kelengkapan ruangan serta kecanggihan tehnologi untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” katanya Kamis (21/2/2019).

Budi Handaka menambahkan, Kejari Sidoarjo sebagai aparat pemerintah dalam hal penegakan hukum merupakan abdi negara sekaligus juga abdi masyarakat. Untuk itu harus siap dan tulus dalam menempatkan diri sebagai pelayan masyarakat. “Kita akan bekerja sepenuh hati, kerja keras dan cerdas melayani masyarakat, “tuturnya.

Kajari Kab. Sidoarjo Budi Handaka menyaksikan seorang Kades Balongtani Kec. Jabon H. Abd Muthalib yang berkonsultasi dengan Kasi Intelkam Kejari Kab. Sidoarjo Idham Khalid dengan melakukan video call di customer service

Dijelaskan Budi, ada hal-hal yang mendasar yang menjadi pertimbangan dalam Pencanangan ZI menuju WBK dan WBBM ini. Yakni kesadaran untuk berkomitmen dalam melakukan perubahan yang lebih baik.

“Jadikan kami Jaksa Sahabat Masyarakat, yang ketiadaannya akan dicari, kehadirannya dinanti, kepergiannya dirindu dan ketauladanannya mendapat tempat dihati masyarakat,” tukas Budi.

Untuk membangun ZI menuju WBK dan WBBM ini lanjut Kajari, pihaknya meminta dukungan dari Forkopimda dan seluruh instansi terkait di Kabupaten Sidoarjo agar niat baik dan tulus ini bisa dijalankan sesuai dengan apa yang diharapkan. “Tentunya juga kepada seluruh elemen masyarakat Sidoarjo yang saya cintai,” terang dia.

Kajari Sidoarjo Budi Handaka bersama jajaran kasi dan staf lepaskan burung merpati

Disamping itu Kejari Sidoarjo juga telah menyiapkan berbagai fasilitas dan inovasi untuk mendukung ZI ini. Seperti mendirikan ruangan bantuan hukum bagi masyarakat.

Yang mana ruangnya didesain dengan berbagai gambar. Seperti jaksa sedang memberikan edukasi kepada siswa, jaksa cangkrukan dengan masyarakat dimanapun tempat dan ada juga ruang laktasi bagi ibu yang menyusui serta laporan sentral yang dilengkapi video call bagi masyarakat yang melakukan pelaporan maupum konsultasi. “Semua ini kami lakukan agar rasa keadilan bagi masyarakat, hadir di tengah masyarakat,” papar Budi menutup. (isa/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar