Hukum & Kriminal

Arak Jowo Paling Banyak

Kejari Ponorogo Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana Umum

Ponorogo (beritajatim.com) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Ponorogo, Selasa (24/9/2019) siang, melakukan pemusnahan barang bukti (BB) tindak pidana umum yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.

Barang bukti yang dimusnahkan meliputi narkoba, miras, bubuk petasan, handphone, gergaji, kosmetik ilegal, dan alat untuk perjudian serta uang palsu yang diungkap sejak Januari hingga September 2019. “Ini salah satu tugas dari Kejari Ponorogo, selaku eksekutor dari tindak perkara umum selama 9 bulan,” kata Kepala Kejari Ponorogo Indah Laila, usai pemusnahan.

Jumalah barang bukti yang dimusnahkan tersebut terdiri dari 127 perkara. Dimana BB minuman keras (miras) jenis arak jowo ada sekitar 1.034 liter. Untuk narkoba jenis sabu-sabu seberat 21,23 gram, ganja 3455 gram dan ribuan butir pil dobel L. Selain itu juga ada handphone berbagai merk sebanyak 63 buah.

“Pemusnahan ini bertujuan supaya BB tidak hilang dari tempat penyimpanan, selain itu biar tidak bisa dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab,” katanya.

Perempuan yang baru menjabat satu bulan sebagai Kajari Ponorogo itu mengungkapkan, kedepan kalau memang BB jumlahnya banyak, pemusnahan bisa dilakukan satu tahun dua kali. Apabila gudang penyimpanan sudah penuh, bisa dilakukan pemusnahan. “Sebagian barang bukti telah dimusnahkan di tingkat penyelidikan Polres Ponorogo,” pungkasnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar