Hukum & Kriminal

Kejari Pamekasan Musnahkan BB Rokok Hingga Sabu

Pamekasan (beritajatim.com) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Pamekasan memusnahkan sejumlah barang bukti alias BB dari perkara tindak pidana umum dan khusus di halaman kantor yang terletak di Jl Raya Panglegur, Tlanakan, Rabu (11/3/2020).

BB hasil sitaan perkara yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap alias inkarah tersebut, terdiri dari berbagai jenis barang bukti berbeda. Di antaranya meliputi narkotika jenis sabu, ekstasi, batang rokok ilegal hingga sejumlah jenis barang lainnya.

“Pemusnahan barang bukti ini kita lakukan sebagai upaya agar penanganan perkara cepat tuntas, apalagi saat ini ada dua perkara yang sedang kita tangani, yakni perkara tindak umum dan tindak pidana khusus,” kata Kepala Kejari Pamekasan, Tengku Rahmansyah kepada sejumlah wartawan.

Terlebih dalam rentang waktu sekitar empat bulan terakhir, pihaknya juga menangani sekitar 47 perkara lengkap dengan BB yang disita. “Jadi sejak Oktober 2019 hingga Januari 2020 kemarin, sebanyak 47 perkara sudah kita kumpulkan. Salah satunya inisial SD dengan BB narkotika jenis sabu seberat 73,728 gram dan 49 butir ekstasi juga kita musnahkan,” ungkapnya.

Termasuk juga BB sitaan perkara bea cukai, yakni barang kena cukai tembakau berupa batangan rokok dari berbagai jenis. “Dalam perkara ini memang tersangka memproduksi rokok tanpa izin, kerugian sesuai nilai cukai mencapai angka Rp 193 juta, selama satu bulan tersangka tidak bisa membayarnya, maka akan di pidana selama satu tahun,” jelasnya.

Hanya saja tidak semua BB dimusnahkan dalam prosesi pemusnahan barang bukti hasil sitaan, sebab terdapat beberapa BB yang masih di sisihkan demi kepentingan persidangan. “Jadi tidak semua barang bukti kita musnahkan, tentunya demi keperluan persidangan,” tegasnya.

“Tidak kalah penting dari pemusnahan ini menjadi satu pemikiran yang harus segera dilakukan gerakan bersama untuk melawan peredaran narkoba. Sebab di Pamekasan, pemakai narkoba sudah mencapai 60 persen dan usia mereka masih terbilang produktif,” pungkasnya [pin]

Apa Reaksi Anda?

Komentar