Hukum & Kriminal

Kejari Magetan Musnahkan Ratusan BB Tindak Pidana Kejahatan

Magetan (beritajatim.com) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Magetan memusnahkan puluhan barang bukti (BB) tindak kejahatan di wilayah Magetan yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht van gewijsde).

“Barang bukti perkara tindak pidana umum yang dimusnahkan tersebut berasal dari 75 perkara sejak 2017 hingga 2020 yang terdiri dari kasus narkoba, perjudian, dan undang-undang kesehatan,” ujar Kepala Kejari Magetan Elly Rahmawati usai pemusnahan BB di halaman belakang Kejari Magetan, Selasa (29/12/2020).

Kegiatan tersebut menurut Kajari, merupakan tindak lanjut dari suatu proses perkara, mulai dari penyidikan, penuntutan hingga putusan. Jadi kejaksaan sebagai eksekutor yang menindaklanjuti dengan pemusnahan. Sehingga proses penanganan perkara tersebut tuntas.

Baca Juga:

    Ia menambahkan, barang bukti yang dimusnahkan ini telah memiliki kekuatan hukum tetap yang berasal dari 75 perkara dengan 715 item barang bukti.

    “Barang bukti yang dimusnahkan ini terdiri dari obat-obatan, jamu, narkotika sabu dan alat-alatnya seperti bong, untuk perkara judi, dadu remi, hp, dan uang palsu,” jelasnya.

    Barang bukti yang dimusnahkan ini setelah memiliki kekuatan hukum harus cepat dilakukan karena rentan disalahgunakan

    “Proses pemusnahan semua barang bukti dengan cara dibakar,” katanya.

    Menurutnya, kegiatan tersebut rutin dilaksanakan terhadap barang bukti yang perkaranya sudah inkracht. Tidak ada target mengenai barang bukti yang harus dimusnahkan. “Apabila terlihat sudah menumpuk, kejaksaan sebagai eksekutor langsung memusnahkan,” pungkasnya. (ted)



    Apa Reaksi Anda?

    Komentar