Hukum & Kriminal

Kejari Jombang Hancurkan HP Berbagai Merk Pakai Palu

Sejumlah barang bukti kejahatan yang dimusnahkan Kejari Jombang

Jombang (beritajatim.com) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menghancurkan HP (handphone) berbagai merk, Kamis (8/4/2021). Hp sebanyak satu kardus itu merupakan barang bukti kejahatan.

Selain HP, ada berbagai barang bukti lain yang juga dimusnahkan. Di antaranya, 5.740 batang rokok ilegal serta narkotika dan obat berbahaya, serta uang palsu. Pemusnahan tersebut dilakukan di belakang Kantor Dinas Lingkungan Hidup, Jalan Nurcholis Majid, Jombang.

Kepala Kajari Jombang Imran menjelaskan, pemusnahan barang bukti tersebut dalam rangka melaksanakan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap. HP berbagai merk, rokok ilegal dan sejumlah barang narkotika yang dimusnahkan itu merupakan hasil rampasan dengan keputusan tetap sejak November 2020 hingga April 2021. Jumlah total 113 perkara.

Barang bukti tersebut dimusnahkan dengan cara berbeda-beda. Untuk uang palsu, rokok ilegal, dimusnahkan dengan cara dibakar. Sedangkan narkoba dimusnahkan dengan dilarutkan ke dalam tong berisi air. “Sementara HP dimusnahkan dengan cara dipalu,” kata Imran di lokasi.

Di tempat yang sama, Kasatresnarkoba Polres Jombang, AKP Moch Mukid menambahkan, narkoba yang dimusnahkan tersebut merupakan barang bukti kejahatan terhitung sejak November 2021 hingga April 2021. Barang bukti itu milik tersangka yang divonis pengadilan.

Mukid juga mengatakan bahwa pihaknya terus mengobarkan perang terhadap peredaran narkoba di Jombang. Karena narkoba menghancurkan generasi bangsa. “Yang dimusnahkan ini merupakan barang bukti dari berbagai kasus narkoba,” katanya. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar