Hukum & Kriminal

Kejari Bojonegoro Beber Kasus yang Ditangani Setahun ini

Bojonegoro (beritajatim.com) – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bojonegoro Badrut Tamam membeberkan sejumlah kasus dugaan korupsi yang ditanganinya selama rentang waktu setahun dari Juli 2021 hingga Juli 2022, Minggu (24/7/2022).

Ada enam kasus yang sekarang masih dalam proses penyelidikan dan penyidikan. Dalam proses penyelidikan Kejari sekarang menangani tiga perkara, yakni pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SMP Negeri 6 Bojonegoro.

Dugaan tindak pidana korupsi kredit bermasalah di PD BPR Bank Daerah Bojonegoro dan yang ketiga dugaan korupsi pengelolaan keuangan desa Punggur Kecamatan Purwosari. “Tiga kasus ini yang pada 2021 dalam proses penyelidikan,” ujar Badrut Tamam.

Dari tiga kasus dalam proses penyelidikan di tahun 2021 itu yang sudah dinaikkan statusnya pada tahap penyidikan yakni dugaan korupsi pengelolaan BOS di SMP Negeri 6, Pengelolaan Keuangan Desa Punggur Kecamatan Purwosari dan Pengelolaan Keuangan Desa Deling Kecamatan Sekar.

“Adapun untuk keuangan negara yang berhasil kita selamatkan dari Juli 2021 hingga Juli 2022 sebesar Rp955 juta, dan yang diperoleh di tahun 2022 Rp410 juta dari penanganan perkara,” katanya.

Sedangkan untuk keuangan yang berhasil dipulihkan dari keperdataan dan tata usaha yang diperoleh dari Juli 2021 sampai Juli 2022 keuangan negara yang berhasil dipulihkan sebesar Rp5,3 miliar. “Untuk perolehan atau pemulihan keuangan di 2022 Rp602 juta,” terangnya.

Pendapatan negara bukan pajak yang bersumber dari penanganan perkara tindak pidana hukum baik berupa tilang maupun ongkos perkara dan hasil lelang barang bukti dan barang rampasan dari Juli 2021 sampai 2022 sebesar Rp1,4 miliar. “Khusus untuk Januari – Juli 2022 Rp619 juta,” pungkasnya.

Selain itu, Badrut menambahkan, selain penindakan hukum, dalam bidang intelejen pihaknya juga melakukan penyuluhan hukum maupun sosialisasi penerangan hukum di desa maupun kepala sekolah tingkat SMA sederajat. [lus/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar