Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Kejari Bangkalan Musnahkan 1,3 Juta Batang Rokok Ilegal, Pistol dan Sabu

Pemusnahan barang bukti kejahatan oleh kejari Bangkalan

Bangkalan (beritajatim.com) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangkalan melakukan pemusnahan barang bukti dari puluhan perkara yang sudah inkrah dalam periode Januari 2021 hingga Maret 2022. Salah satu barang bukti yang dimusnahkan yakni 1,3 juta batang rokok ilegal.

Kepala Kejari Bangkalan Candra Saptaji mengungkapkan dari 1,3 juta batang rokok tersebut terdapat kerugian negara sebanyak Rp 800 juta yang seharusnya dibayarkan untuk cukai rokok. “Itu kami peroleh dari dua pelaku yakni Agus candra sebanyak 749 ribu batang dan Baidawi 598 ribu batang rokok,” jelasnya, Senin (21/3/2022).

Selain rokok, Kejari Bangkalan juga memusnahkan 2 kilogram sabu-sabu serta puluhan alat bong. Barang bukti tersebut berasal dari 34 perkara yang telah memiliki kekuatan hukum tetap. “Untuk sabu, ada 2 kilogram yang kita musnahkan hari ini,” tambahnya.

Selain itu, juga terdapat beberapa senjata tajam dan senjata api dari kasus pencurian serta pembunuhan. Dari beberapa senjata yang dimusnahkan, salah satunya yang digunakan oleh Herman Finanda salah satu anggota DPRD Bangkalan dalam perkara penganiayaan yang menyebabkan korban meninggal. “Ya itu termasuk milik salah satu anggota dewan yang perkaranya sudah inkrah akhir tahun lalu,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan, selain dilakukan pemusnahan secara dibakar dan di hancurkan, nantinya akan dilakukan pembuangan sesuai prosedur yang berlaku. “Kami memiliki prosedur yang pasti jangan sampai dipakai kembali,” pungkasnya. [sar/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar