Hukum & Kriminal

Kejaksaan Surabaya Dapat Jatah 30 Tahanan untuk Dimedaengkan

Surabaya (beritajatim.com) – Menjelang new normal, Rumah Tahanan (Rutan) Klas I Medaeng Surabaya mulai menerima tahanan dari Kejaksaan. Namun tak semua tahanan bisa diterima di sel yang ada di Sidoarjo ini.

Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Medaeng Surabaya Ahmad Nuri Duka menyatakan, tahanan yanh diterima olehnya adalah tahanan yang sudah berstatus A3 (tahanan pengadilan) dan tahanan yang sudah vonis. “Tahanan yang baru masuk, semua kita tempatkan di sel kusus (isolasi) selama 14 hari,” ujar Duka, Senin (22/6/2020).

Duka menambahkan, dalam menerima tahanan tersebut pihaknya menerapkan protokol kesehatan. “Mengingat keterbatasan tempat untuk isolasi, kita terima tahanan secara bertahap,” ujarnya.

Sementara Kasi Pidum Kejari Surabaya Farriman Siregar menyatakan pihaknya saat ini masih mendata tahanan yang akan dikirim ke Rutan Medaeng mengingat pihaknya hanya mendapat jatah 30 tahanan untuk jangka waktu dua minggu. “Karena keterbatasan tempat untuk isolasi, jadi kita dapat jatah 30 tahanan untuk dua minggu,” ujarnya.

Farriman menambahkan, pihaknya sudah meminta pada Rutan Medaeng agar menambah quota sebab jumlah tahanan yang dilimpahkan kepolisian ke Kejaksaan saat ini mencapai 200 orang lebih. “Kita sudah mohon ditambah, namun semua tergantung dari kebijakan dan ketersediaan rutannya,” ujarnya. [uci/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar