Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Kejaksaan Negeri Surabaya Dampingi Pemkot Dalam Pemulihan Pasar Turi

Pemkot Surabaya saat melakukan koordinasi dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya selaku pengacara negara dalam upaya pemulihan pasar turi (dokumen kejaksaan)

Surabaya (beritajatim.com) – Setelah sekian lama terbengkalai, akhirnya pasar turi kembali beroperasi seperti sedia kala. Gedung yang ada di Jalan Pasar Turi No. 21, Kelurahan Jepara, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya ini kini bisa kembali dimanfaatkan masyarakat untuk menjual maupun membeli aneka kebutuhan.

Hal ini tak lepas dari kerjasama yang apik antara Pemkot Surabaya dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya sebagai pengacara negara. Soft opening pun sudah dilakukan terhadap gedung yang menjadi kebanggaan masyarakat Surabaya ini. Turut hadir dalam soft opening tersebut yakni Walikota Surabaya, Bapak Eri Cahyadi, S.T., M.T., kemudian dihadiri juga oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Surabaya, Danang Suryo Wibowo, S.H., LL.M., selaku Jaksa Pengacara Negara beserta seluruh tim Jaksa Pengacara Negara pada Kejaksaan Negeri Surabaya, FORKOPINDA dan Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah III Komisi Pemberantasan Korupsi.

Kajari Surabaya Danang Suryo Wibowo, S.H., LL.M menyatakan, kegiatab tersebut berawal ketika Pemerintah Kota Surabaya pada bulan September 2020 memohonkan bantuan hukum non litigasi kepada Kepala Kejaksaan Negeri Surabaya selaku Jaksa Pengacara Negara untuk menyelesaikan permasalahan perjanjian kerjasama pemanfaatan aset daerah dengan bentuk bangun guna serah dalam pembangunan dan pengelolaan pasar turi, antara Pemerintah Kota Surabaya dengan PT. Gala Bumiperkasa selaku lead firm Joint Operation GALA MEGAH INVESTMENT.

Hal itu tertuang dalam perjanjian Nomor 180/1996/436.1.2/2010 / GBP/DIR/III/001/2010 tanggal 9 Maret 2010. Terkait dengan permohonan tersebut, tim Jaksa Pengacara Negara pada Kejaksaan Negeri Surabaya kemudian melakukan serangkaian kegiatan dan rapat koordinasi dengan OPD terkait bersama dengan PT. Gala Bumiperkasa, hingga akhirnya Pemerintah Kota Surabaya melalui Jaksa Pengacara Negara bersama dengan PT. Gala Bumiperkasa sepakat menyelesaikan permasalahan pengelolaan dan pembukaan pasar turi baru.

Dalam sambutannnya, Walikota Surabaya mengucapkan banyak terimakasih kepada Danang Suryo Wibowo, S.H., LL.M., selaku Kepala Kejaksaan Negeri Surabaya beserta tim Jaksa Pengacara Negara pada Kejaksaan Negeri Surabaya atas keberhasilannya dalam penyelesaian perjanjian kerjasama antara Pemerintah Kota Surabaya dengan PT Gala Bumiperkasa.

“Terhadap penyelesaian tersebut, kami selaku Jaksa Pengacara Negara pada Kejaksaan Negeri Surabaya berhasil melakukan pengamanan dan penyelamatan aset Pemerintah Kota Surabaya berupa tanah dan bangunan dengan luas tanah kurang lebih sebesar 27.519 m2 dengan nilai aset mencapai ± Rp 1,5 T (satu setengah triliun rupiah),” ujar Danang, Jumat (1/4/2022). [uci/kun]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar