Hukum & Kriminal

Kebacut, Mesin Diesel yang di Traktor pun Dicuri

Empat pelaku pencurian mesin diesel di wilayah Madiun berhasil diamankan Polres Madiun. (Foto : Polres Madiun)

Madiun (beritajatim.com) – Polres Madiun berhasil mengungkap kasus pencurian mesin diesel traktor merk kubota, yang terjadi di area persawahan masuk Desa Kranggan Kecamatan Geger Kabupaten Madiun.

Petugas kepolisian berhasil mengamankan 4 pelaku, yakni Parno (54), Puryanto (50), Supardi (45) dan Esthi (25). Sengaja menarget mesin diesel merk kubota karena mereka sudah mempunyai kenalan terhadap penadahnya.

“Para pelaku ini warga Sragen, mereka melakukan aksi pencurian diesel pada tanggal 10 September 2019 lalu, pukul 03.00 dini hari,” kata Kapolres Madiun AKBP. Ruruh Wicaksono, Jumat ( 17/1/2020).

Setelah berkumpul di Sragen, mereka berangkat ke Madiun dengan tujuan mencari sasaran barang yang akan dicuri berupa mesin diesel traktor. Saat melintas di TKP, kawanan pencuri itu melihat petani yang membajak sawah dengan mesin bajak sebanyak 2 unit. Mobil yang mereka gunakan berjalan pelan-pelan sambil mengawasi lokasi. “Keempat tersangka menuju Tawangmangu untuk membahas dan membagi tugas dalam mencuri mesin diesel tersebut,” katanya.

Baru saat tengah malam, mereka melancarkan aksinya. Parno, Esthi, dan Puryanto bertugas untuk mengambil 2 unit diesel itu. Sedangkan Supardi mengawasi dan jaga-jaga di pinggir jalan. Berbekal kunci pas dan gergaji komplotan itu mengambil mesin diesel yang melekat di traktor bajak sawah. Selesai mengambil, langsung mengangkut 2 unit diesel itu ke dalam mobil. Setelah iti disembunyikan di salah satu rumah pelaku. Setelah dinyatakan aman, baru dijual ke penadah.

“Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para pelaku dijerat dengan pasal 363 KHUP, dengan ancaman pidana maksimal 5 tahun 6 bulan,” pungkasnya. [end/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar