Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Kawasan SLG Kediri Kembali Dipakai Balap Liar, 16 Motor Diamankan Polisi

Petugas Satlantas Polres Kediri mengamankan belasan sepeda motor dalam razia balap liar di kawasan Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Petugas Satlantas Polres Kediri mengamankan belasan sepeda motor dalam razia balap liar di kawasan Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri, pada Sabtu malam (25/6/2022) hingga dini hari. Seluruh kendaraan roda dua tersebut tidak sesuai spesifikasi teknik, seperti memakai ban kecil dan knalpot bising.

Kasat Lantas Polres Kediri AKP Firdaus Canggih Pamungkas mengatakan, razia tersebut menindaklanjuti aduan masyarakat tentang balap liar yang meresahkan di kawasan SLG. Selanjutnya, Satlantas Polres Kediri bersama Polsek Ngasem dan Satpol PP bergerak ke lokasi.

Petugas Satlantas Polres Kediri mengamankan belasan sepeda motor dalam razia balap liar di kawasan Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri

“Kami mendapat aduan dari masyarakat tentang aktivitas balap liar di kawasan SLG. Kemudian kami bersama Satpol PP dan Polsek Ngasem melakukan patroli ke lokasi,” kata AKP Firdaus Canggih.

Sesampainya di kawasan ikon Kabupaten Kediri itu mendapati sekelompok remaja yang hendak balapan sepeda motor. Tak mau berlama-lama petugas langsung mengepung dari berbagai penjuru.

Kedatangan petugas yang tiba-tiba membuat para remaja terkejut. Tetapi mereka, tidak bisa kabur, karena sudah dikepung. Mereka memilih tetap di lokasi.

Dari pemeriksaan petugas, sebanyak 16 sepeda motor tak sesuai spektek. Kendaraan-kendaraan tersebut kemudian diamankan. Selain itu, ada diantara remaja yang tidak memakai helm dan membawa surat-surat kelengkapan berkendaraan seperti SIM dan STNK. Mereka dijatuhi sanksi tilang.

“Kegiatan patroli ini pencegahan balap liar. Pada saat di SLG kami mengamankan 16 unit kendaraan sepeda motor yang tidak sesuai spektek atau knalpot brong,” ungkap Kasat Lantas.

Selain memberikan tindakan penilangan, lanjut AKP Canggih, petugas juga memberikan sosialisasi dan imbauan tentang balap liar yang dapat membahayakan keselamatan diri sendiri seperti kecelakaan lalu lintas.

Meskipun sering di razia, tetapi aktivitas remaja balapan liar di kawasan SLG masih ada. Namun begitu, kata AKP Canggih, pihaknya tidak akan lelah untuk melakukan razia serupa. Sebab, tujuannya untuk menciptakan keamanan, ketertiban di masyarakat.

“Tidak hanya disini (SLG), apabila di wilayah hukum Polres Kediri ada aksi balap liar maka akan kami bubarkan dan menindak dengan tegas,”ujarnya. [nm/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar