Hukum & Kriminal

Kasus Carding Berkedok Travel, Polda Tetapkan Tersangka Baru

Surabaya (beritajatim.com) – Satu tersangka kembali ditetapkan oleh penyidik Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Jatim. Tersangka yang diketahui bernama Mulyana Kurniawan (MK) ini merupakan agen travel yang menjual tiket perjalanan dan voucher menginap murah di dalam maupun luar negeri melalui medsos.

“Sama (dengan tersangka lain), sebagai agen travel,” ujar Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, Jumat (28/2/2020).

Namun rupanya, tiket yang dijual tersangka diperoleh dari carding. Carding sendiri merupakan istilah yang merujuk pada tindakan pembobolan kartu kredit. Atau berbelanja dengan menggunakan identitas kartu kredit orang lain dengan cara mencuri data melalui internet.

Pria asal Medan ini kini mendekam di sel tahanan bersama tiga rekannya. Terdiri dari SG, FD, dan MR.

Untuk diketahui, Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Jatim mengungkap kasus carding berkedok travel melibatkan publik figur tanah air.

Modus yang dijalankan para tersangka dengan menawarkan promo tiket perjalanan murah melalui akun instagram @tiketkekinian. Rupanya, tiket yang dijual diperoleh dari carding.

Dalam kasus ini, polisi mendapatkan sejumlah barang bukti. Di antaranya beberapa unit laptop. Kemudian sejumlah buku rekening milik tersangka serta telepon seluler. Pasal yang dikenakan kepada tersangka adalah Pasal 48 Undang-Undang ITE Tahun 2016. [uci/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar