Hukum & Kriminal

Kapolda Usulkan Polres Gresik Jadi Polresta ke Mabes Polri

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta (Tiga dari kanan) Usai Meresmikan Mapolres Gresik yang baru dengan Protokol Kesehatan yang Ketat

Gresik (beritajatim.com) – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, mengusulkan kenaikan tipe Polres Gresik menjadi Polresta ke Mabes Polri.

Usulan tersebut disampaikan saat jenderal polisi bintang dua itu, meresmikan Mapolres Gresik yang baru di Jalan Wahidin Sudirohusodo Gresik. Mantan Kapolda Kalsel tersebut saat ini sedang mengkaji kenaikan tipe Polres Gresik menjadi tipe A.

“Mengenai kenaikan Polres Gresik menjadi Polresta sudah direncanakan kedepannya. Hal ini menyangkut jumlah wilayah penduduk yang sudah cocok dinaikan menjadi polres tipe A,” ujarnya usai meresmikan Mapolres Gresik, Rabu (10/02/2021).

Lebih lanjut Nico Afinta menuturkan, terkait dengan rencana itu pihaknya sudah melakukan kajian yang nantinya diusulkan ke Mabes Polri. “Mudah-mudahan dengan adanya sinergi ini bisa meningkatkan pelayanan masyarakat. Tentunya, kalau menjadi Polresta ada penambahan anggaran, anggota, Polsek dan Bhabinkamtibmas,” tuturnya.

Pembangunan Mapolres Gresik yang baru menelan anggaran Rp 30 miliar yang berasal dari APBD tahun 2019. Mapolres ini menempati lahan 1,2 hektar, dan di tahun 2021 akan ada pembangunan lagi yang diperuntukkan buat membangun masjid, dan ruang tahanan.

“Saya berharap dengan beroperasinya mapolres yang baru ini. Pelayanan masyarakat harus disesuaikan dengan motto Kapolri yang mengkedepankan program ‘Presisi’. Selain itu, anggota Polres Gresik harus bangga dengan gedung yang megah ini,” katanya.

Sementara Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto menyatakan pembangunan mapolres ini akan terus berlanjut di tahap kedua. “Nanti akan ada bangunan masjid, tambahan gedung utama serta ruang tahanan yang diusulkan dari APBD 2021 Kabupaten Gresik,” paparnya.

Peresmian Mapolres Gresik yang baru juga dihadiri Plt Bupati M.Qosim, Bupati dan Wabup Gresik terpilih Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) dan Aminatun Habibah (Bu Min). Ketua DPRD Abdul Qodir, Dandim 0817 Letkol Inf Taufik Ismail serta mantan Kapolres Gresik Komjen Pol (purn) Saud Usman Nasution, dan Kombes Pol Adex Yudiswan. [dny/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar