Hukum & Kriminal

Kapolda Jatim Resmikan Gedung Buat Korban atau Pelaku Kekerasan Anak

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Dr. Nico Afinta saat meresmikan gedung baru buat Intelkam dan Pelayanan Perempuan dan Anak, di Mapolrestabes Surabaya, Kamis (4/2/2021). (Manik Priyo Prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – Polrestabes Surabaya memberikan pelayanan khusus terhadap pelaku dan korban kekerasan terhadap anak. Jika sebelumnya pelayanan pemeriksaan korban dan pelaku kekerasan terhadap anak menjadi satu gedung dengan pelaku dewasa, guna memberikan pelayanan lebih baik, Polrestabes Surabaya membangun Ruang Pelayanan Khusus (RPK).

RPK ini merupakan ruangan pemeriksaan yang menjadi unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polrestabes Surabaya. Dalam peresmian, Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Nico Afinta, Kamis (4/2/2021), mengharapkan adanya peningkatan pelayanan sesuai program Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo yakni Presisi.

Kapolda juga meninjau Gedung Satintelkam dan Gedung Siwas, di Mapolrestabes Surabaya. “Gedung baru ini cukup bagus, dengan adanya gedung baru, pelayanan kepada publik harus lebih ditingkatkan. Termasuk dalam program Kapolri yakni presisi, ” sebut Irjen Nico Afinta.

Sementara itu Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Oki Ahardian Purwono menyebutkan bahwa pelayanan pemeriksaan korban dan pelaku anak ini istimewa. Sebab, mereka merupakan anak-anak yang kelak bisa sukses dan menjadi generasi bangsa yang baik. Jika mereka disamakan dengan pelayanan korban atau paku dewasa sangatlah salah.

Oleh sebab itu, pelayanan khusus ini juga dilengkapi ruang bermain anak. Sehingga, jika ada ibu yang menjadi korban kekerasan, anaknya bisa merasakan kenyamanan.

“Ini merupakan langkah Polrestabes menjadi lebih baik lagi. Ramah anak baik korban, pelaku atau anak dari korban dan pelaku. Kita harapkan bisa memberikan yang terbaik sehingga traumatik tak berkepanjangan dan pemeriksaan kasus PPA juga lebih baik lagi,” jelasnya kepada beritajatim.com. [man/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar