Hukum & Kriminal

PWI Jatim Audiensi dengan Kapolda Jatim

Surabaya (beritajatim.com) – Suasana ganyeng tampak terasa saat Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr Mohammad Fadil Imran, M,Si bersama Pejabat Utama (PJU) Jawa Timur dan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menerima pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur di Gedung Patuh di lantai 2 Polda Jatim.

Dari pertemuan tersebut, baik ketua maupun pengurus PWI Jatim yang lain menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Dr. Mohammad Fadil Imran, M,Si.

Audiensi antara Kapolda Jatim dan Pengurus PWI Jatim ini berlangsung gayeng. Terlontar beberapa pertanyaan dan apresiasi ke Kapolda Jatim. Terkait dengan Kampung Tangguh Semeru yang diinisiasi oleh Kapolda Jatim yang menjadi role model guna antisipasi penyebaran Covid-19.

Kapolda Jawa Timur menjelaskan, bahwa Kampung Tangguh Semeru ini dipikirkan sejak lama sebelum menjadi Kapolda Jatim. Kampung Tangguh Semeru ini tidak hanya sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 saja, melainkan juga menjaga kampung di seluruh Jatim dari tindak Kriminalitas.

“Kampung Tangguh Semeru ini saya inisiasi bukan hanya saat pandemi Covid-19. Sudah sejak lama sebelum menjadi Kapolda saya sudah berpikir membuat Kampung Tangguh Semeru. Disaat pandemi Covid19, bisa menjadi antisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19. Namun Kampung Tangguh Semeru ini juga bisa menjadi Kantibmas menjaga ketertiban masyarakat dari tindak kriminalitas,” kata Kapolda Jatim, Kamis, (18/6/2020).

Inisiasi Kampung Tangguh Semeru dalam prinsip dasarnya adalah partisipasi, yakni partisipasi masyarakat di setiap pengurus RW serta harus ada keterlibatan secara langsung masyarakat. Kampung tangguh saat ini sudah berkembang menjadi luas, pasar tangguh, mal tangguh, industri tangguh dan anggota tangguh. Kedepan akan membuat Ruang Publik Tangguh.

Ruang publik tangguh yang akan didirikan ini sebagai upaya mengurangi pasien positif Covid-19. Pasalnya, sampai saat ini data di Jawa Timur khususnya Surabaya masih tinggi.

“Hal ini juga dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat akan menerapkan Protokol Kesehatan,” tambah Kapolda.

Sementara itu Ketua PWI Jawa Timur Ainur Rohim  mengapresiasi kepada Kapolda Jatim dengan adanya Kampung Tangguh Semeru yang diinisiasi oleh Kapolda Jatim. Bisa antisipasi penyebaran Covid-19 di Jatim khusunya Surabaya.

“Saya rasa cukup baik apa yang dikerjakan oleh Kapolda Jatim dengan menginisiasi Kampung Tangguh Semeru disetiap RW yang ada di Jawa Timur. Ditambah lagi peran serta masyarakat juga menjaga kampung yang menjadikan aman dari Covid19 bahkan tindak kriminalitas jalanan,” ucap Ainur Rohim, Ketua PWI Jatim.

Diharapkan dengan pertemuan hari ini bisa menjadi awal yang baik serta bisa melakukan kerjasama dengan berbagai bidang antara Polri dan Jurnalis yang ada di Jawa Timur, pungkasnya. [uci/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar