Hukum & Kriminal

Kalah Kasasi, Bos Perum ABR Gresik Dieksekusi ke Rutan

Gresik (beritajatim.com)- Sempat menghirup udara bebas. Bos atau pemilik Perumahan Alam Bukit Raya (ABR) Gresik, H.Fatoni dieksekusi oleh tim Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik ke rumah tahanan (Rutan) Banjarsari Cerme, Gresik.

H.Fatoni dijemput di rumah kediamannya di Perumahan Ketintang Regency, Kecamatan Jambangan, Surabaya. Saat dieksekusi sempat terjadi sedikit bersitegang. Pasalnya, istri Fatoni menolak suaminya dibawa tim Kejari Gresik.

Eksekusi tersebut dilakukan setelah Kejari Gresik menerima hasil putusan kasasi dari Mahkamah Agung (MA) nomor 239K/Pid/2019 yang keluar pada 15 Mei lalu. Setelah menerima surat itu, Fatoni langsung dijebloskan ke Rutan Banjarsari Cerme, Gresik.

Kasi Intel Kejari Gresik Raden Bayu Probo Sutopo membenarkan, proses eksekusi dilakukan hari ini, Jumat (12/7) di rumah kediaman H.Fatoni.

“Kami bersama anggota Kodim 0817 Gresik berhasil membawa yang bersangkutan ke Rutan Banjarsari Cerme,” ujarnya.

Masih menurut Bayu, sebelum proses eksekusi dilakukan. Pihaknya dan tim sudah memantau di sekitar rumah terpidana sejak dini hari. Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa yang bersangkutan berada dirumahnya.

“Putusan kasasi ini mematahkan putusan Pengadilan Tinggi. Sebab, dalam bandingnya, PT membebaskan terpidana dari dakwaan jaksa. Padahal, putusan tingkat pertama terpidana divonis 3 tahun 6 bulan,” imbuhnya.

Dalam putusan kasasi tersebut, terpidana dijatuhi hukuman penjara selama 2 tahun 6 bulan. Terpidana terbukti bersalah melanggar pasal 374 KUHP Jo pasal 64 KUHP tentang tindak pidana penggelapan dalam jabatan. (dny/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar