Hukum & Kriminal

Kakorbinmas Kabaharkam Mabes Polri Kagumi Posyan Polres Gresik

Gresik (beritajatim.com)- Kakorbinmas Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabarhakam), Irjen Pol Widiyarso Herry Wibowo terkagum-kagum dengan keberadaan pos pelayanan (Posyan) Lebaran Polres Gresik yang ditempatkan di SPBU Desa Tebaloan, Duduksampeyan, Gresik.

Perwira tinggi Mabes Polri itu menuturkan, Posyan Polres Gresik yang berkonsep rumah adat nusantara tersebut sangat luar biasa karena dilengkapi berbagai fasilitas.

“Posyan Lebaran Polres Gresik sangat luar biasa karena memanjakan para pemudik dengan banyak fasilitas,” ujar Widiyarso Herry Wibowo di sela-sela
Bakti Sosial Pengobatan Gratis, Bantuan Sembako untuk Kaum Dhuafa dan Santunan Anak Yatim, Sabtu (1/06/2019).

Dalam kunjungannya ke Posyan Lebaran di SPBU Tebaloan Duduksampeyan, Gresik. Irjen Pol Widiyarso Herry Wibowo juga menjelaskan kegiatan ini sekaligus untuk melakukan pengecekan secara keseluruhan arus mudik menjelang Lebaran. Mulai dari Sabang hingga Merauke.

“Ini H-4 Lebaran Mabes Polri melakukan pemantauan Lebaran. Kita bersama instansi terkait termasuk dengan Kepala Kabarhakam melakukan pengecekan baik itu di jalan tol, pelabuhan laut lewat udara bersama jajaran Kabarhakam,” tuturnya.

Ia menambahkan, dilihat dari pantauan jalur udara keberadaan posyan yang ada di jajaran Polda sangat efektif. Sebab, sebagian besar pemudik di Pulau Jawa memanfaatkan jalan tol menuju ke tempatnya masing-masing. Adanya pos pengamanan (Pospam), dan Posyan seperti di SPBU sangat bermanfaat. Pasalnya, pemudik memanfaatkan Posyan itu untuk beristirahat sebelum menjalankan perjalanan.

Berdasarkan catatan Kabarhakam Mabes Polri. Puncak arus mudik dari hasil evaluasi dari hari ke hari terjadi pada H-3 atau H-2 Lebaran. Untuk itu, Polri menghimbau kepada pemudik terutama yang menggunakan motor tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

“Khusus pemudik yang menggunakan motor agar berhati-hati saat mengendarai di jalan,” pungkasnya. [dny/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar