Hukum & Kriminal

Kakak Adik di Tuban Kompak Curi Motor Tetangga

Tuban (beritajatim.com) – Aksi kompak dua orang pemuda yang merupakan kakak adik asal Desa Pakel, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban yang telah beberapa kali melalukan pencurian sepeda motor berhasil di ungkap oleh petugas jajara Sat Reskrim Polres Tuban, Senin (27/7/2020).

Kakak adik yang kompak mencuri motor tersebut diketahui bernama Puguh Prayitno (29) dan Siswanto (25) yang keduanya tinggal di Desa Pakel, Kecamatan Montong, Tuban. Mereka mengaku sudah empat kali beraksi termasuk salah satunya milik dari tetangganya sendiri yang berdekatan dengan rumahnya.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, penangkapan kakak adik yang terlibat dalam sindikat pelaku pencurian sepeda motor (Curanmor) itu berawal adanya laporan kejadian pencurian. Petugas dari jajaran Sat Reskrim Polres Tuban melakukan penyelidikan dan akhirnya berhasil mengetahui jika pencurian sepeda motor di wilayah Kecamatan Montong dilakukan kakak adik itu.

“Kedua pelaku Curanmor ini merupakan kakak adik. Mereka melakukan aksinya di wilayah Kecamatan Montong dan mereka telah empat kali melakukan pencurian di wilayah Montong,” terang AKBP Ruruh Wicaksono, Kapolres Tuban saat melakukan press release.

Dalam setiap melakukan aksinya, Puguh dan Siswanto tersebut mencari sepeda motor yang ditinggalkan oleh pemiliknya di pinggir jalan maupun di sawah. Mereka berdua berangkat dengan berboncengan kemudian jika mengetahui ada motor yang kuncinya masih menancap langsung diembat oleh pelaku.

“Dari pengakuannya, mereka itu memcari sepeda motor yang kuncinya ditinggal di motor. Mereka baru pertama kali tertangkap,” tambahnya Kapolres Tuban itu.

Sementara itu, kakak adik tersebut mengaku jika hanya melakukan pencurian sepeda motor yang terdapat kuncinya saja dan yang pertama punya ide mencuri motor itu adalah Puguh atau kakak kandung dari Siswato itu. Hasil pencurian motor dijual dengan harga kisaran Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta untuk satu sepeda motor.

“Pertama yang ngajak saya, kalau tidak ada kuncinya yang nancap kita tidak bisa. Uangnya hasil menjual kita pakai untuk kebutuhan,” ungkap Puguh Prayitno (29), pemuda asal Desa Pakel, Kecamatan Montong, Tuban saat berada di Polres Tuban.

Akibat perbuatannya kompak mencuri sepeda motor itu, kakak adik tersebut saat ini sudah dilakukan penahanan di Polres Tuban untuk proses lebih lanjut. Dari hasil penangkapan dua pemuda pelaku curanmor itu petugas berhasil mengamankan barang bukti sepeda motor yang telah dicuri pelaku serta yang digunakan oleh mereka untuk beraksi.[mut/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar