Hukum & Kriminal

Kajati Jatim: Pasca Pilpres Pemeriksaan di Daerah Tetap Jalan Asal Kondusif

Gresik (beritajatim.com) – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Timur, Sunarta menegaskan pemeriksaan sejumlah kasus di kejaksaan terus berlanjut pasca pemilihan presiden (Pilpres) 2019), setelah sempat ditunda karena ada pelaksanaan pesta demokrasi. Penegasan itu disampaikan Sunarta saat membuka Bazar Murah Ramadan 1440 H di kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik, Jumat (24/01/2019).

“Memang saat menjelang pelaksaan pilpres dan pileg. Ada beberapa kasus yang pemeriksaannya ditunda agar daerah tetap kondusif. Setelah itu, pemeriksaan dilanjutkan lagi,” ujar Sunarta.

Lebih lanjut Sunarta menjelaskan, meski pemeriksaan di sejumlah daerah tetap berlanjut. Dirinya, berpesan kepada setiap Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) tetap mengekedepankan kondusifitas daerah. Artinya, sebagai penegak hukum tetap mengupayakan pemeriksaan yang bersifat silent supaya tidak ada gejolak di daerah.

Diakui Sunarta, saat menjelang pelaksanaan pilpres dan pileg. Sesuai arahan dari pimpinan pemeriksaan kasus yang ditangani kejaksaan sempat ‘calling down’ tapi kini bisa dilanjutkan lagi. “Meski dilanjutkan lagi tetapi semua itu tetap memperhatikan kondusifitas di daerah,” tuturnya.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik, Pandoe Pramoekartika menyatakan sesuai arahan dari Kajati Jatim. Pihaknya siap melaksanakan tugas yang diemban. “Kami juga mengkedepanka 3K yakni. Konsultasi, Kordinasi, dan kolaborasi,” ujarnya. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar