Hukum & Kriminal

Kades Wiwik Terjerat Korupsi, Martoyo Ditunjuk Jadi Pj Kades Sukosewu

Bojonegoro (beritajatim.com) – Kepala Desa (Kades) Sukosewu, Kecamatan Sukosewu, ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bojonegoro. Wiwik Pujiningsih ditahan Kejari Bojonegoro lantaran kasus korupsi dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) 2016-2017 senilai Rp550 juta.

Sehingga, jajaran pemerintahan desa kosong. Untuk mengisi kekosongan tersebut pemerintah mengangkat Kasi Pemerintahan Kecamatan Sukosewu, Martoyo sebagai Pj Kepala Desa Sukosewu. Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan Kamis (21/2/2019) di Kantor Desa Sukosewu.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dihadiri oleh Forpimka Sukosewu, Kepala UPT, Ketua BPD dan anggota, Tomas, Toga, Toda, Ketua RT/RW, Ibu Dharma wanita serta undangan. Kegiatan tersebut berakhir pada 10.25 WIB berlangsung khidmat.

Kapolsek Sukosewu, AKP Pujiono yang juga menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Pj Kepala Desa Sukosewu mengatakan, pelaksanaan kegiatan berjalan lancar. “Pelaksanaan pelantikan berjalan aman, tertib dan lancar,” katanya.

Sementara diketahui, Kepala Desa Sukosewu, Wiwik diduga melakukan korupsi kasus APBDesa dari pos anggaran yang berasal dari Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dari tiga item yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Adalah senilai Rp121 juta dari selisih upah kerja, Rp409,8 juta selisih perhitungan pengerjaan fisik dan honor Tim pelaksana kegiatan, senilai Rp19,8 juta. [lus/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar