Hukum & Kriminal

Kabur ke Ladang Jagung, Pencuri Spesialis Sepeda Gunung Ditembak Polisi

Tuban (beritajatim.com) – Petugas kepolisian dari jajaran Sat Reskrim Polres Tuban berhasil mengungkap dan menangkap seorang pelaku pencurian sepeda gunung yang sudah lama melakukan aksinya di wilayah hukum Polres Tuban, Rabu (29/5/2019).

Dalam penangkapan tersebut pelaku berusaha melarikan diri saat akan disergap oleh petugas di sekitar rumahnya yang ada di Desa Kembangbilo, Kecamatan Kota, Tuban. Pelaku yang diketahui Yono alias Bayan (37), terpaksa ditembak lantaran berusaha kabur dan sembunyi di area ladang jagung.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, penangkapan pelaku pencurian sepeda gunung itu berawal saat Polres Tuban sering mendapatkan laporan adanya sepeda gunung yang hilang. Sehingga anggota Sat Reskrim turun ke lapangan dan melakukan penyelidikan untuk mengungkap kasus itu.

“Anggota kemudian turun lapangan untuk melakukan penyelidikan karena maraknya pencurian sepeda gunung di malam hari. Penyelidikan kita lakukan sekitar satu minggu terakhir,” terang AKP Mustijat Priyambodo, Kasat Reskrim Polres Tuban.

Dalam penyelidikan itu, petugas mendapatkan informasi jika terdapat tukang becak di kawasan Terminal Wisata Sunan Bonang yang sering menawarkan sepeda gunung dengan harga yang murah. Akhirnya diketahui bahwa sepeda tersebut dari pelaku yang bernama Yono alias Bayan tersebut.

“Setelah mengetahui identitas pelaku kemudian kita lakukan pengejaran. Ketika akan ditangkap pelaku justru lari ke ladang jagung untuk berusaha kabur dari anggota yang melakukan penangkapan,” tambahnya.

Dari hasil penangkapan pelaku itu, petugas berhasil mengamankan sebanyak empat sepeda gunung hasil pencurian yang dilakukan pelaku tersebut. Yang mana sepeda yang dicuri pelaku merupakan sepeda gunung dengan harga yang mencapai belasan juta rupiah dengan berbagai merk.

“Pelaku memang spesialis pencurian sepeda gunung, hasil curian itu dijual dengan harga antara dua juta sampai dengan tiga juta rupiah. Kita masih melakukan pengembangan, pelaku dan barang bukti sudah kita amankan untuk proses lebih lanjut,” pungkasnya.[mut/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar