Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Kabur dari Kejaran Polisi, Pencuri Sarang Walet di Ngawi Ini Dihadiahi Timah Panas

Slamet Hariyanto, pencuri sarang walet di Ngawi saat digelandang ke Mapolres Ngawi, Jumat (24/9/2021)( Foto: Fatihah Ibnu Fiqri)

Ngawi (beritajatim.com) – Dua kawanan spesialis pencurian sarang walet berhasil diringkus petugas Satuan Reserse Kriminal Satreskrim Polres Ngawi. Satu diantaranya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas pada bagian kaki karena berusaha melarikan diri saat dilakukan penangkapan.

Slamet Hariyanto (48) pelaku pencurian sarang walet warga Desa Karangboyo Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Jawa Tengah itu hanya bisa merintih kesakitan saat digelandang petugas ke kantor Satreskrim Polres Ngawi. Pelaku kesakitan setelah kakinya dilumpuhkan dengan timah panas oleh petugas karena berusaha melarikan diri saat dilakukan penangkapan.

Pelaku ditangkap di wilayah Blora ditempat persembunyiannya. Saat bersamaan petugas yang dibagi dua tim juga berhasil meringkus rekan pelaku Joko Sudarsono (61)warga Desa Kersoharjo Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi di rumahnya.

Dari hasil penangkapan kedua pelaku petugas hanya berhasil mengamankan barang bukti tali yang digunakan sebagai alat untuk memanjat sarang walet kapi dan handphone milik kedua pelaku. Semua sarang walet hasil curian kedua pelaku sudah habis terjual. Penangkapan kedua pelaku bermula dari aksi pencurian sarang walet terekam kamera CCTV milik seorang pengusaha walet di Jalan PB Sudirman Kelurahan Margomulyo Kecamatan/Kabupaten Ngawi pada 12 Agustus 2021 lalu. Petugas pun langsung bergerak cepat hingga akhirnya berhasil menangkap kedua pelaku ditempat berbeda satu di Ngawi dan satu di Blora.

“Tentu saja ketika tersangka berusaha melarikan diri ataupun beruaha mengahal halangi tindak penyidikan kita lakukan tindakan terukur. Barang bukti kami yang kami amankan berupa tali yang digunakan untuk memanjat, kapi dan handphone. Pelaku satu dari Ngawi satu dari Blora,” AKBP I Wayan Winaya, Kapolres Ngawi

Sementara itu, pemilik sarang walet merasa lega dengan berhasilnya petugas mengamankan pelaku. Selama ini kerap was-was karena korban pencurian sarang walet cukup banyak. “Ya jelas kami ucapkan terima kasih kepada petugas Satreskrim. Pengusaha wallet bisa terjaga. Karena sebelumnya jarang di Ngawi, tapi makin ke sini cukup banyak kasus serupa. semoga Ngawi aman dan kasus itu tuntas,” Rony Setiawan, pemilik sarang walet.

Kepada petugas kedua pelaku juga mengaku sudah tiga kali melakukan aksi pencurian sarang walet ditempat berbeda di Ngawi. Oleh petugas kedua pelaku langsung dijebloskan ke sel tahanan Mapolres Ngawi. Sebelumnya aksi pencurian sarang burung walet di ngawi terekam kamera cctv. Pelaku yang berhasil masuk melalui lubang ventilasi udara ukuran kecil itu berhasil menggondol sarang burung walet senilai Rp 25 juta. (fiq/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar