Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Kabel PJU Dicuri Saat PPKM, Dishub Bangkalan Rugi Puluhan Juta

Ilustrasi penerangan jalan umum

Bangkalan (beritajatim.com) – Guna menghindari adanya kerumunan di malam hari, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan, melakukan pemadaman Penerangan Jalan Umum (PJU). Namun, hal tersebut justru dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab untuk mencuri kabel PJU.

Kapolres Bangkalan, AKPB Alith Alarino menyebutkan, saat ini pihaknya tengah memburu pelaku pencurian kabel PJU. “Betul ada kejadian pencurian di jalan kembar di Desa Bilaporah dan saat ini kami sedang kejar pelaku,” ujarnya, Kamis (2/8/2021).

Meski begitu, hingga kini pemadaman PJU tersebut tetap dilakukan agar tidak dijadikan alat penerangan berkerumun di malam hari. “Untuk pemadaman itu merupakan kewenangan Bupati dan Satgas Penanganan Covid-19 karena berkaitan dengan penertiban di masa PPKM,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Bangkalan, Moawi Arifin mengaku pihaknya mengalami kerugian akibat pencurian tersebut. Bahkan, hampir mendekati jumlah perbaikan yang telah dianggarkan.

“Kami mengalami kerugian sekitar Rp 50 juta, hampir sama dengan anggaran perbaikan, meski begitu pemadaman harus tetap dilakukan untuk mencegah kerumunan masyarakat,” imbuhnya. Ia berharap, pencuri kabel tersebut segera ditangkap agar kejadian serupa tidak terulang lagi.[sar/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar