Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Jual Motor Curian di Facebook, Residivis di Kediri Meringkuk Lagi di Penjara

Kediri (beritajatim.com) – Entah apa yang ada di pikiran Chandra Prakoso (27) ketika memutuskan menjual sepeda motor hasil curian di Facebook. Tentu saja, polisi dengan mudah melacak jejaknya.

Akibatnya, dalam waktu tak terlalu lama polisi bisa menangkap warga Kelurahan Ngadirejo, Kota Kediri itu. Residivis kambuhan itu jadi mendekam lagi di penjara.

Candra diringkus Anggota Satreskrim Polres Kediri Kota karena mencuri sepeda motor milik Octavia Mia Nurrovidah (20) mahasiswi asal Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri. Empat tahun lalu, residivis kambuhan ini mencuri 4 buah sepeda.

Kasat Reskrim Polres Kediri Kota AKP Tomy Prambana, mengatakan pelaku ditangkap saat hendak menjual barang curian tersebut di Terminal Landungsari Malang. Penangkapan itu dilakukan bersama anggota Polres Malang.

“Kami menemukan adanya seseorang yang menjual sepeda motor dengan ciri-ciri mirip dengan sepeda motor korban di media sosial. Saat ada informasi pelaku hendak bertransaksi, kami berkoordinasi dengan Polres Malang Kota untuk melakukan penangkapan,” kata Tomy.

Chandra melancarkan aksinya pada Rabu pagi (20/4/2022) kemarin. Pelaku menggasak sepeda motor korban yang diparkir di depan Counter HP di Jalan Tembus Kaliombo, Kota Kediri.

Tidak sulit bagi pelaku membawa kabur motor tersebut lantaran kuncinya masih menancap. Dia kemudian menawarkan motor hasil curian melalui jejaring facebook di group Jual Beli Motor Only STNK Malang Sekitarnya.

Pelaku memasang harga Rp3,5 juta. Hanya dalam waktu singkat, polisi mengendus keberadaan pelaku dan menggagalkan transaksi penjualan motor hasil curian itu.

Chandra sendiri merupakan residivis yang sudah pernah mendekap di penjara. Pada 2018 lalu, dia terlibat aksi pencurian 4 unit sepeda dan divonis 1 tahun 8 bulan penjara.

Kini, tersangka meringkuk lagi di dalam sel. Dia dijerat Pasal 362 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. [nm/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar