Hukum & Kriminal

Jual Beli Solar Ilegal, Tiga Warga Sumenep Terjaring OTT Polres

Sumenep (beritajatim.com) – Tiga warga Sumenep dibekuk aparat Polres Setempat dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Pelabuhan Dungkek.

“Tiga tersangka itu diduga melakukan jual beli bahan bakar minyak (BBM) ilegal jenis solar,” kata Kanit Pidter Satreskrim Polres Sumenep, Ipda Miftahor Rahman, Kamis (02/01/2020).

Dari tiga tersangka yang diamankan tersebut, dua diantaranya berasal dari Pulau/Kecamatan Raas berinisial HS dan HM sebagai pembeli solar. Sedangkan satu tersangka lagi berinisial W, warga Kecamatan Dungkek sebagai operator stasiun pengisian bahan bakar nelayan (SPBN).

“Ketiga tersangka itu terkena OTT saat tersangka HS dan HM akan membawa solar ke Pula Raas. Solar illegal itu diambil dari SPBN wilayah Dungkek,” ungkap Miftahor.

Dalam OTT tersebut, petugas menyita barang bukti berupa 49 jeriken berisi BBM jenis solar. Apabila diuangkan sekitar Rp 8 juta.

“Ketiganya kami tetapkan sebagai tersangka karena melakukan pembelian BBM dalam jumlah besar tetapi tidak dapat menunjukkan dokumen resmi berupa rekomendasi maupun dokumen lainnya,” papar Miftahol.

Terungkapnya kasus tersebut berawal dari kegiatan anggota Polres Sumenep untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan BBM pada awal tahun 2020.

“Seluruh SPBU maupun SPBN kami pantau. Ternyata kami mendapati kejadian itu, yakni jual beli BBM dalam jumlah besar tanpa rekomendasi. Selanjutnya kami akan dalami kasus ini,” pungkasnya. [tem/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar