Hukum & Kriminal

Jual Beli Sabu Rp 900 Ribu, Mulyono dan Viqi Dihukum 5 Tahun

Surabaya (beritajatim.com) – Mulyono dan Viqi Dwi Andini dijatuhi hukuman pidana penjara selama lima tahun karena dinilai terbukti melakukan jual beli narkoba jenis sabu sebagaimana tertuang dalam pasal 112 No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

Dalam putusan yang dibacakan dalam sidang yang digelar secara online di ruang sidang Cakra Pengadilan Negeri (PN) Surabaya disebutkan bahwa majelis hakim mengamini tuntutan yang diajukan Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Gede Willy Pramana bahwa terdakwa terbukti secara sah melanggar pasal 112 No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

Namun, hakim tidak sependapat dengan lamanya hukuman yang diajukan dalam tuntutan Jaksa yakni pidana penjara tujuh tahun enam bulan. “Menjatuhkan pidana penjara selama lima tahun,” ujar hakim dalam amar putusannya.

Atas vonis ini, kedua terdakwa sepakat menerima dan tidak melakukan upaya hukum banding.

Perdu diketahui, perbuatan terdakwa dilakukan pada bulan Desember 2019 sampai dengan hari Rabu 08 Januari 2020 sekira jam 24.30 wib bertempat di warung Deket-Sugio Lamongan terdakwa Mulyono membeli barang yang diduga merupakan narkotika jenis sabu sebanyak 1 (satu) gram dari Pacul DPO) seharga Rp 1.400.000,- untuk kemudian diserahkan kepada terdakwa dengan cara diranjau pada waktu yang sama sekira pukul 00.05 WIB di Jembatan Kaliunyu Moronnyamplung Mantup Kabupaten Lamongan, selanjutnya terdakwa membagi menjadi tiga poket plastic klip berisi narkotika jenis sabu dengan menggunakan dua bendel plastic klip.

Bahwa maksud dan tujuan terdakwa membeli dan menerima narkotika jenis sabu tersebut adalah untuk terdakwa jual kembali dengan mendapat keuntungan dan sebagian untuk terdakwa konsumsi sendiri dan kemudian pada Kamis tanggal 09 Januari 2020 sekira pukul 11.00 WIB dan dilanjut sekira pukul 17.00 WIB bertempat di rumah saksi Viqi Dwi Andini di Dusun Tlebek RT.01 RW.01 Ds.Lundo Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik memesan 2 (dua) poket narkotika jenis sabu kepada terdakwa seharga Rp.200.00 dan Rp. 700.000. [uci/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar