Hukum & Kriminal

Jelang Pemberlakuan PPKM, Kapolda Jatim Tinjau Kampung Tangguh Semeru di Gresik

Gresik (beritajatim.com)– Menjelang pemberlakukan pembatasan penerapan kegiatan masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali. Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta meninjau posko kampung tanggung semeru di Desa Sukorejo, Kecamatan Kebomas, Gresik, Minggu (9/01/2021).

Kedatangan jenderal polisi bintang dua itu, untuk memastikan kordinasi terkait program pemerintah dengan daerah.

“Tingkat penyebaran Covid-19 di Pulau Jawa khususnya Jawa Timur kembali meningkat. Berdasarkan laporan yang masuk ada 900 kasus per hari. Ditambah angka kematiannya juga tinggi,” ujar Nico Afinta.

Mantan Kapolda Kalsel itu juga menuturkan, sebelum PPKM diberlakukan. Dirinya, menghimbau agar masyarakat tetap disiplin tinggi mengkedepankan protokol kesehatan (Prokes). Sebab, cara ini yang paling ampuh guna mencegah penyebaran virus Covid-19.

“Disiplin dari lingkungan keluarga sangat penting. Karena itu, jangan lupa tetap melakukan 3M. Yakni, mengenakan masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak,” tuturnya.

Ia menambahkan, masih terkait dengan akan diberlakukannya PPKM. Dirinya mengusulkan keberadaan kampung tangguh di tiap desa bakal dilombakan. Pasalnya, karakteristik masyarakat Jawa Timur sulit kalau diajak disiplin. Untuk dengan lomba ada hadiahnya masyarakat bersemangat. “Hadiah lombanya dari saya nantinya bukan kaleng-kaleng,” imbuhnya.

Saat ini lanjut Nico, ada terapi penyembuhan yakni darah orang yang sudah terkonfirmasi positif ternyata darahnya bisa utk menyembuhkan orang yang terpapar sedang sakit. Untuk itu, pihaknya akan mendata orang yang pernah sakit Covid-19 guna membantu orang yang saat ini sedang sakit.

“Perlu diketahui bahwa semakin cepat orang diketahui sakit Covid lebih awal tingkat penyembuhan tinggi. Karena itu, tidak usah takut atau malu jika terkena Covid sehingga cepat diambil tindakan. Posko kampung tangguh di Desa Sukorejo sangat luar biasa. Mudah mudahan bisa menginspirasi kita dan orang lain,” tandasnya. (dny/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar