Hukum & Kriminal

Jelang Lebaran, Polres Ponorogo Lakukan Pengecekan Ratusan Senpi

Ponorogo (beritajatim.com) – Ratusan polisi yang membawa senjata api (senpi) dari Polres Ponorogo, hari Senin (4/5/2020) dilakukan pengecekan kelengkapan senpinya. Pengecekan barang inventaris Polres Ponorogo tersebut meliputi kelengkapan surat-surat, kebersihan senjata dan jumlah amunisi, apakah masih sesuai dari jumlah pinjam pakai sebelumnya.

“Pengecekan senpi dari anggota ini dilakukan rutin setiap 3 bulan sekali, kali ini untuk yang pertama di tahun 2020,” kata Kasi Propam IPTU Agus Wibowo, Senin siang.

Sebenarnya jika sesuai rencana, pihaknya melakukan pengecekan 136 pucuk senpi. Namun yang hadir hanya 101 anggota yang membawa senpi. Secara keseluruhan kondisi senjata masih normal, amunisi juga sama dengan jumlah pinjam pakai. “Tidak ada senjata yang ditarik, sebab pengajuan surat-suratnya masih baru atau sekitar bulan Desember tahun lalu,” katanya.

Sedangkan untuk 35 senpi yang belum dilakukan pengecekan, kata Agus pengecekannya akan menyusul secepatnya. Sebab ketidakhadiran 35 anggota itu karena murni ada tugas. Misalnya melakukan penjagaan dan penyekatan di wilayah perbatasan. “Sebanyak 35 senpi sisanya akan dilakukan pengecekan menyusul. Kami lakukan pengecekan berkala ini, untuk mengantisipasi penyalahgunaan senjata tersebut,” pungkasnya. (end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar