Hukum & Kriminal

Jelang Idul Adha, Pelaku Pencurian Kambing Diringkus

Bojonegoro (beritajatim.com) – Menjelang Hari Raya Idul Adha petugas Kepolisian Resort (Polres) Bojonegoro mengamankan seorang tersangka pencurian kambing. Tersangka berinisial RP (21) Warga Kelurahan Ledok Kulon, Kabupaten Bojonegoro.

Sedikitnya, tiga ekor kambing milik warga Kelurahan Ledok Kulon belakangan ini hilang dan dilaporkan ke aparat kepolisian. Warga melaporkan ke pihak Bhabinkamtibmas. Akhirnya dengan pendekatan yang dilakukan secara persuasif pelaku menyerahkan diri.

“Wilayah Ledok Kulon banyak sekali pencurian. Anggota Bhabinkamtibmas dan Reskrim ke lapangan untuk melakukan penyelidikan. Pelaku akhirnya menyerahkan diri,” ujar Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli, Jumat (26/7/2019).

Menurut Kapolres, kambing hasil curian tersangka itu dijual lagi. Sebab mendekati Idul Adha harga kambing akan naik. Dari tiga kambing masih dua ekor yang belum dijual. Kambing yang masih belum dijual tersebut kemudian diserahkan kembali kepada pemiliknya.

“Satu ekor oleh pelaku dijual lagi dengan harga sekitar Rp500 ribu. Memanfaatkan situasi yang ada, mendekati Idul Adha,” terangnya.

Kapolres menceritakan, modus pelaku dalam melakukan pencurian dengan cara memasuki kandang kambing yang memang terpisah dari rumah pemiliknya. Setelah itu, kambing incarannya kemudian diikat bagian kaki dengan tali dan dinaikkan menggunakan sepeda motor.

Pada Senin (22/7/2019) sekitar pukul 04.00 WIB tersangka beraksi di kandang milik korban, Mohammad Muslikh (43) warga Jalan Kapten Rameli, Kelurahan Ledok Kulon, Bojonegoro. Korban sempat mengetahui kejadian tersebut dan langsung dilaporkan ke polisi.

“Pelaku kita jerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan, dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara,” pungkas Kapolres. [lus/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar