Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Jaringan Listrik Berusia Seabad, Lapas Madiun Lakukan Peremajaan

Kalapas Kelas 1 Madiun Asep Sutandar saat tunjukkan jaringan listrik yang telah diremajakan. (Foto: Lapas Kelas 1 Madiun)

Madiun (beritajatim.com) – Usia sudah lebih dari seabad, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Madiun perbarui jaringan listrik di hampir seluruh blok tahanan. Upaya deteksi dini itu dilakukan untuk kurangi resiko kebakaran akibat korsleting listrik. Kejadian di Lapas Tangerang beberapa waktu lalu.

“Untuk mengantisipasi kebakaran dan gangguan keamanan ketertiban, kita telah melakukan beberapa kegiatan deteksi dini. Seperti peremajaan jaringan listrik di seluruh blok tahanan yang memang usianya sudah tua seusia bangunan lapas,” kata Kepala Lapas Kelas 1 Madiun Asep Sutandar saat ditemui di Lapas Madiun, Selasa (21/9) kemarin.

Kalapas mengatakan, kondisi jaringan listrik di Lapas Madiun seusia bangunan lapas yang dibangun sejak 1919. Dirinya telah meminta bantuan pihak PLN untuk mengganti seluruh kabel jaringan listrik di seluruh blok tahanan.

“Kami minta bantuan kepada PLN untuk mengaudit dan hasilnya memang sudah membahayakan. Kami juga telah perbarui semua termasuk buat pembagian arus listrik antar blok, sehingga nanti jika terjadi korsleting listrik di satu blok, maka blok yang lain tidak terganggu,” katanya.

Selain peremajaan jaringan listrik pihak lapas juga memberikan banyak kegiatan pelatihan kerja untuk menyalurkan hobi dan kreativitas para narapidana di dalam lapas. Seperti, membatik, mebeler dan juga memproduksi aneka jajanan kue bagi napi wanita.

Langkah ini dilakukan oleh Lapas Kelas 1 Madiun untuk menciptakan suasana di tempat ini kondusif dan kejiwaan para napi terkontrol, akibat tragedi kebakaran di lapas tangerang yang menewaskan puluhan narapidana. [fiq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar