Hukum & Kriminal

Januari 2020, Tersangka Korupsi Pasar Manggisan Jember Ditetapkan

Jember (beritajatim.com) – Kejaksaan Negeri Jember, Jawa Timur, akan menetapkan tersangka kasus korupsi pekerjaan konstruksi Pasar Manggisan, pada Januari 2020.

“Dalam waktu dekat sudah selesai,” kata Kepala Seksi Pidana Khusus Setyo Adhi Wicaksono, Selasa (31/12/2019). Jaksa tinggal menunggu hasil audit kerugian keuangan negara dari ahli.

Selain dugaan tindak pidana korupsi pekerjaan konstruksi Pasar Manggisan, ada dua perkara yang masuk tahap penyidikan yakni dugaan tindak pidana korupsi rehab rumah tidak layak huni (RTLH) tahun 2017 di Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari. Kerugian negara dalam perkara ini sebesar Rp 476.529.600. Dua perkara terkait rehab RTLH ini telah memasuki tahap penuntutan, dan saat ini masih dalam proses persidangan.

Tahum 2019, ada dua perkara yang masuk dalam tahap penyelidikan. Pertama, dugaan tindak pidana korupsi terkait kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Langsung (PTSL) tahun 2018 di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung.

Kedua, perkara dugaan tindak pidana korupsi terkait penyimpangan dalam pengusulan serta penggunaan dana bansos tahun anggaran 2014.

Dalam setahun ini, perkara pidana khusus yang telah dieksekusi sejumlah 13 perkara. Satu upaya hukum berupa kasasi yang dilakukan Kejari Jember, yaitu perkara dugaan korupsi dengan terdakwa Choirul Suparjo. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar