Hukum & Kriminal

Jalani Sidang Perdana, Mantan Bupati Sidoarjo Saiful Illah Tenang

Surabay (beritajatim.com) – Mantan Bupati Sidoarjo Saiful illah menjalani sidang perdana, duduk di kursi pesakitan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya Abah Ipul mengenakan baju warna putih lengan panjang dan mengenakan songkok warna hitam.

Mantan orang nomer satu di Sidoarjo ini terlihat tenang dan menyimak surat dakwaan yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Arif Suhermanto, Rabu (3/6/2020).

Dalam dakwaan JPU disebutkan jika Abah Ipul didudukkan sebagai pesakitan setelah kontraktor Ibnu Ghopur dan Totok Sumedi sebagai pihak yang memberikan suap divonis 1,8 tahun.

Dugaan korupsi ini terjadi ketika Saiful Ilah ditangkap petugas KPK dalam operasi tangkap tangan di Pendopo Sidoarjo pada 7 Januari 2020.

Saat itu, Saiful Ilah dianggap terbukti menerima uang suap secara bertahap hingga Rp 1,435 miliar sejak bulan Agustus 2019 sesuai dakwaan primer Pasal 12 huruf b Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP dan dakwaan alternatif Pasal 1 Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. [uci/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar