Hukum & Kriminal

Jaksa Akan Hadirkan Satu Saksi Lagi Sidang Dugaan Korupsi Kades Sukosewu

Bojonegoro (beritajatim.com) – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bojonegoro akan mendatangkan satu lagi saksi ahli dalam persidangan dugaan korupsi yang dilakukan terdakwa Kepala Desa Sukosewu, Wiwik Pujiningsih, Selasa (5/3/2019).

Menurut JPU Kejari Bojonegoro, Dekry Wahyudi sidang dugaan korupsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) 2016-2017 senilai Rp550 juta dari pos anggaran yang berasal dari Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dari tiga item yang tidak bisa dipertanggungjawabkan itu digelar setiap hari Senin.

“Saksi sudah 15 yang dihadirkan dalam persidangan, total rencananya ada 16 saksi termasuk dari ahli. Senin kemarin ada saksi dari Inspektorat Arif dan DPU Bina Marga, Mukhlisin,” ujar Dekry.

Menurut Dekry, masih satu saksi ahli yang akan didatangkan dalam persidangan, yakni dari Bagian Hukum Pemkab Bojonegoro Faisol Ahmadi. “Saksi Inspektorat ini karena yang melakukan penghitungan kerugian negara dan PU yang menemukan indikasi korupsi,” terangnya.

Dari keterangan beberapa saksi dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya, keterangan saksi sebagian besar sama dengan dakwaan yang dibuat JPU. Terdakwa dalam penyidikan juga telah mengakui perbuatannya, yakni yang mengatur semua pengelolaan ADD dan DD.

“Terdakwa mengakui, seperti SPJ yang menyuruh untuk bikin juga kepala desa, Timlak dibentuk hanya formalitas, pesan material di toko bangunan, beberapa nota yang dipalsukan, yang mengatur semua dari terdakwa,” ungkapnya.

Rencananya, menurut Dekry, terdakwa juga akan menghadirkan saksi yang meringankan atau A de Charge. Saksi tersebut untuk melakukan pembelaan atas dakwaan yang ditujukan pada dirinya.

Penasehat Hukum Terdakwa, Mansyur, mengaku masih melakukan perundingan dengan tim penasehat hukum untuk menghadirkan saksi yang bisa meringankan terdakwa. “Belum, masih kita bahas dulu dengan tim penasehat hukum,” ujarnya. [lus/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar