Hukum & Kriminal

Jadi Pengedar Sabu, Warga Wagir Malang Ditahan di Polres Gresik

Suroso warga Wagir Kabupaten Malang diamankan polisi setelah kepergok mengedarkan narkotika jenis sabu

Gresik (beritajatim.com) – Tersangka Suroso (39) warga asal Desa Sitirejo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang mendekam di penjara Polres Gresik.

Pemuda tanggung itu, diamankan karena mengedarkan narkotika jenis sabu di by pass Krian, Sidoarjo. Suroso diringkus karena termasuk satu jaringan dengan rekannya. Yakni, Mochammad Salahudin warga Kenjeran Surabaya yang sebelumnya telah ditangkap.

“Memang benar kedua orang ini masih satu jaringan, atau sesama pengedar sabu di wilayah Gresik Selatan,” ujar Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, Minggu (28/02/2021).

Arief Fitrianto mengatakan, sebelum diamankan Suroso sempat berkelit bukan sebagai pengedar sabu. Namun, setelah petugas menemukan sepotong bekas pembungkus kabel yang di dalamnya berisi satu plastik klip berisi sabu. Pelaku langsung dibawa Polres Gresik guna menjalani pemeriksaan.

“Dari tangan pelaku petugas berhasil mengamankan sabu dengan berat timbang 0,38 gram (nol koma tiga delapan),Gram bruto pada saat itu disembunyikannya di dalam saku kanan depan celana yang dipakai,” katanya.

Terkait kasus ini, petugas juga menyita satu pipet kaca bekas pakai, sepotong sekrop dari sedotan plastik. Satu botol bekas beserta tutupnya serta satu unit ponsel Polytron warna silver, dan uang Rp 200 ribu yang dijadikan barang bukti.

“Tertangkapnya pelaku ini menandakan kami tidak main-main terhadap narkotika. Petugas juga tidak segan-segan melakukan tindakan tegas terhadap pengedar sabu,” ungkap Arief Fitrianto.

Setelah menjalani pemeriksaan, Suroso ditetapkan sebagai tersangka serta dijerat Pasal 114 ayat (1) Subs Pasal 112 ayat (1) UU RI nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika Jo Pasal 84 ayat (2) KUHAP diancam minimal empat tahun penjara. [dny/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar