Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Ini Upaya Satlantas Polres Ponorogo Antisipasi Terjadinya Kecelakaan

Kasat Lantas Polres Ponorogo saat mengatur arus lalu lintas di salah satu jalan di Ponorogo. (Foto/Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Satlantas Polres Ponorogo sangat getol melakukan razia balap liar di bumi reog.

Petugas harus begadang, demi menggagalkan acara balap liar, yang biasanya digelar saat dini hari. Hal itu dilakukan untuk menekan angka kecelakaan di jalanan Ponorogo. Apalagi, korban yang jatuh tidak hanya orang dewasa saja, namun juga ada yang melibatkan pelajar.

“Penyebab kecelakaan lalu lintas (laka lantas) didominasi karena human error. Harus sampai kapan, kita sadar dan benar-benar sadar untuk berlalu lintas dengan baik dan benar,” kata Kasat Lantas Polres Ponorogo AKP Ayip Rizal,¬† Jumat (13/5/2022).

AKP Ayip mengajak masyarakat untuk lebih peduli saat berlalu lintas. Dia memberi himbauan kepada para pengguna, jalan untuk terus waspada saat berkendara dan tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Supaya keselamatan di jalan raya bisa terjaga.

Berbagai upaya dilakukan oleh Satlantas Polres Ponorogo dalam sosialisasi keamanan berkendara untuk masyarakat ini.

Dengan memasang banner peringatan daerah rawan kecelakaan dan melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah. Ayip juga sering membuat edukasi keselamatan berlalu lintas, untuk masyarakat, terutama anak-anak milenial. Video tersebut efektif dilakukan, karena langsung bisa dilihat oleh kaum milenial lewat sosial medianya.

“Sosialisasi ataupun upaya yang kita lakukan saat ini, supaya tidak terjadi lagi laka lantas,” ungkapnya.

Kasat Lantas Polres Ponorogo saat mengatur arus lalu lintas di salah satu jalan di Ponorogo. (Foto/Istimewa)

Data di Satlantas Polres Ponorogo, selama rentang bulan Januari hingga April tahun 2022 ada 155 kejadian. Angka tersebut menurun dibandingkan tahun 2021 sebanyak 247 kejadian. Penurunan kasus laka lantas ini, menjadi memacu Satlantas Ponorogo untuk terus menebar edukasi pentingnya berlalu lintas.

“Dengan tren menurun, berarti upaya yang kita lakukan selama ini membuabkan hasil. Sehingga korban laka bisa ditekan, “katanya.

Pengungkapan kasus laka lantas juga diseriusi oleh Satlantas Polres Ponorogo. Itu sebagai upaya petugas untuk mencarikan keadilan bagi korban laka lantas. Dia mencontobkan saat terjadi kasus tabrak lari, petugas berupaya terus mengungkap kasus. Mulai dari mengumpulkan keterangan masyarakat hingga pengecekan CCTV. Pihaknya pun berhasil mengungkap kasus tabrak lari sebanyak 2 kasus periode Januari hingga Maret 2022.

“Pengungkapan kasus tabrak lari biasanya butuh waktu, sebab kami harus melakukan penyelidikan, CCTV, serta informasi masyarakat,” kata Ayip.

Atas kinerja Satlantas itu, masyarakat pun mengapresiasinya. Tidak hanya itu, Kapolres Ponorogo pun juga ikut mengapresiasi. Satlantas Polres Ponorogo sudah berhasil menekan angka kecelakaan.

“Saya acungi dua jempol upaya langkah untuk¬† menekan laka lantas. Ini wujud kehadiran polisi untun melindungi para pengendara,” pungkasnya. (end/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar