Hukum & Kriminal

Ini Target Sasaran Operasi Zebra 2019 Polrestabes Surabaya

Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2019 yang dipimpin langsung Wakapolrestabes Surabaya AKBP Leonardus di Halaman Mapolrestabes Surabaya, Rabu (23/10/2019). (Istimewa)

Surabaya (beritajatim.com) – Wakapolrestabes Surabaya AKBP Leonardus memimpin langsung-Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2019 di Halaman mapolrestabes, Rabu (23/10/2019). Apel Gelar Pasukan tersebut dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya.

Wakapolrestabes Surabaya AKBP Leonadus Simarmata menjelaskan, Operasi Zebra Semeru 2019 tahun ini beda dengan tahun kemarin. Sebab, Operasi Zebra Semeru 2019 tahun ini sifatnya kewilayahan, jadi bukan tembusan dari Mabes Polri sehingga bisa menyesuaikan karakteristik dan jenis pelanggaran di wilayah masing-masing. “Agar pelaksanaan kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Operasi Patuh Semeru 2019, akan dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 23 Oktober 2019 sampai 5 November 2019 mendatang. Lanjut Leonardus Simarmata, ada 8 item sasaran pada pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2019 kali ini diprioritaskan terhadap delapan prioritas pelanggaran lalu lintas yaitu sebagai berikut:
1). Pengendara roda dua (R2) yang tidak menggunakan helm standar;
2). Pengemudi kendaraan roda empat (R4) atau lebih yang tidak menggunakan sabuk keselamatan (safety belt);
3). Melebihi batas kecepatan;
4). Berkendara dalam pengaruh alkohol (mabuk);
5). Pengendara kendaraan bermotor masih di bawah umur;
6). Menggunakan HP saat mengemudikan kendaraan bermotor;
7). Melawan arus;
8). Menggunakan lampu rotator atau strobo dan sirine.

Oleh sebab itu pada pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2019 kali ini diharapkan akan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi, yaitu: Meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya; Meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas; Menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas; Meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib berlalu lintas.

“Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk dan bimbingannya kepada kita sekalian, dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,” tutur Wakapolrestabes Surabaya.

Dalam apel tersebut, Wakapolrestabes Surabaya menyematkan pita kepada perwakilan dari Anggota Polri, TNI, dan Dinas perhubungan, sebagai tanda dimulainya Operasi Zebra Semeru 2019. Usa gelar Apel Pasukan, Wakapolres juga melakukan pengecekan kendaraan dinas menjelang Operasi Zebra Semeru 2019. Pemeriksaan itu berlangsung di halaman Mapolrestabes, yang diawali dengan pengecekan kendaraan roda dua dan diakhiri dengan kendaraan roda empat.(man/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar