Hukum & Kriminal

Ini Sikap Dekopin Pimpinan Sri Untari Pasca Putusan PTUN Jakarta

Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Sri Untari Bisowarno.

Malang (beritajatim.com) – Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) pimpinan Dr. Sri Untari Bisowarno menyatakan sikapnya pasca putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta, No. 160/PDT.G/2020/PTUN.JKT, 12 Januari 2021. Melalui kuasa hukumnya, Syamsul Huda Yudha, mereka menyatakan Sri Untari tetap sah jadi Ketua Dekopin.

“Meskipun oleh PTUN Jakarta Pendapat Hukum tersebut dinyatakan tidak sah, tetapi secara hukum Dr. Sri Untari Bisowarno tetap sah menjabat sebagai Ketua Umum Dekopin yang dipilih berdasarkan hasil Munas Dekopin di Makassar,” kata Syamsul melalui siaran persnya, Rabu, (13/1/2021).

Mereka akan melakukan banding pasca putusan PTUN Jakarta. Mereka berangggapan putusan tersebut belum memperoleh kekuatan hukum mengikat (inkracht van gewijsde). Sehingga belum dapat dijalankan oleh para pihak dalam perkara tersebut.

“Sri Untari sah sebagai ketua umum. Hal itu sesuai dengan AD/ART Dekopin yang telah mendapatkan pengesahan dalam Keppres No. 6/2011. Serta, a contrario sebelum ada penyelesaian secara internal atas Keputusan Peradilan Perdata maka Kepemimpinan Nurdin Halid di Dekopin tidak sah,” ujar Syamsul.

Syamsul menyebut, sepanjang Keppres 6/2011 belum dicabut maka AD/ART Dekopin yang lama adalah yang sah dan mengikat kepada setiap anggota dan tidak tergantikan. Mereka juga menegaskan jika AD/ART Dekopin yang tidak mendapatkan pengesahan dari Pemerintah/Presiden tidak mengikat oraganisasi maupun anggotanya. [luc/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar