Hukum & Kriminal

Ini Pengedar yang Suplai Barang Haram untuk Dalang Asal Ngawi

Polres Magetan tangkap pengedar narkoba dan amankan barang bukti sabu 22 gram. [Foto: Fatihah Fiqri]

Magetan (beritajatim.com) – Polres Magetan mengusut penyedia barang haram untuk dalang asal Ngawi yang ditangkap Selasa (27/7/2021). Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana menyebut kalau pihaknya mengamankan salah satu orang pengedar sekaligus pengguna narkotika asal kelurahan Sukowinangun, Kecamatan/Kabupaten Magetan.

“Kami amankan TWS alias PN (39) pada Selasa (27/7/2021). Barang bukti yang kami amankan yakni total 22 gram sabu. TWS kami amankan lebih dulu, baru kasus berkembang ke Dalang PYN,” ungkap Festo, Sabtu (31/7/2021), saat press release di Mapolres Magetan.

TWS mengaku memakai sabu sekitar tiga tahun. Juga, kemudian jadi pengedar dengan barang yang diperoleh dari Lapas Madiun. Tak kerja sendiri, TWS mendapat sabu dengan mengambil sistem ranjau yang diletakkan di rumah kosong beralamatkan di Kecamatan Maospati.

“Pelaku menjalankan perintah dari ER yang kini masih buron. Diduga kuat dia ini jaringan langsung dari pengedar di Lapas Madiun. Akan kami dalami apakah ada keterlibatan orang dalam,” katanya.

Setelah mendapatkan barang, TWS lantas menjual lagi ke orang lain. Lagi-lagi, barang dikirim dengan sistem ranjau. Yang kemudian diambil oleh pemesan termasuk KN, rekan PYN. “Pelaku juga menggunakan sabu di rumahnya. Sekaligus dia juga menggunakan rumahnya untuk transaksi dengan para pemesan,” katanya.

Dari situ, polisi juga mengembangkan kasus hingga menangkap SR (35) ibu rumah tangga asal Desa Getasanyar, Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan. Saat ditangkap SR mengakui kalau membeli sabu dari TWS. Dia sudah delapan kali transaksi.

“SR ini menggunakan sendiri, dan ada juga yang dia berikan pada TP pria asal Ngawi. Dari SR kami amankan barang bukti berupa pipet kaca, korek api, dan potongan sedotan. Alat ini digunakan pelaku untuk menghisap sabu,” pungkas Festo.

Diberitakan sebelumnya, Polres Magetan menangkap dalang PYN asal Ngawi bersama seorang rekannya di sebuah rumah di Desa Ginuk, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan. [fiq/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar