Hukum & Kriminal

Ini Pengakuan Pencuri 6 Ekor Sapi dalam Semalam

Jombang (beritajatim.com) – M Romzi (23), menjalani pemeriksaan intensif di Polres Jombang. Warga Kecamatan Randuagung, Lumajang ini menjadi tersangka dalam kasus pencurian 6 ekor sapi di Dusun Nanggalan, Desa Watugaluh, Kecamatan Diwek, pada Sabtu (17/10/2020) dini hari.

Dengan tangan terborgol, Romzi keluar dari tahanan. Sejumlah petugas mengawalnya. Di hadapan pers, Romzi mengakui semua perbuatannya. “Baru pertama kali ikut mencuri sapi. Saya diajak,” kata Romzi dengan logat Madura, Senin (19/10/2020).

Romzi menceritakan, sebelum melakukan pencurian, dia bersama tiga orang kawannya memantau kondisi di Dusun Nanggalan. Kemudian Sabtu dini hari eksekusi dilakukan. Walhasil, dalam semalam komplotannya berhasil menggasak enam ekor sapi.

Sapi-sapi tersebut diangkut menggunakan truk dan hendak dibawa ke Lumajang. Namun apes, saat memasuki Probolinggo, truk tersebut dihentikan oleh petugas. Pada saat bersamaan, tiga tekan Romzi kabur. Sedangkan Romzi yang tidak sempat kabur digelandang ke kantor polisi setempat.

Begitu juga dengan truk beserta enam ekor sapi. Seluruh barang bukti itu diamankan polisi. “Tiga teman saya kabur. Saya kemudian dibawa ke Polres Jombang untuk pemeriksaan,” kata Romzi.

Sudah berapa kali mencuri? Romzi mengaku hanya sekali, yakni di Jombang. Itu pun dirinya diajak oleh teman-temannya. Romzi mengaku nekat mencuri sapi karena terdesak kebutuhan ekonomi. Oleh sebab itu, sapi-sapi itu rencananya dijual.

Tapi belum sampai terlaksana menjual sapi, polisi sudah membekuk komplotan ini. “Rencananya kita jual untuk kebutuhan ekonomi. Saya baru kali ini ikut mencuri,” katanya menegaskan.

Kapolres Jombang AKP Agung Setyo Nugroho mengungkapkan, pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian. Saat ini polisi sedang mengejar tiga pelaku yang kabur.

“Kami sudah mengantongi identitas tiga pelaku yang kabur. Saat ini anggota kami sedang melakukan pengejaran. Untuk baran bukti berupa sapi kita titipkan ke pemiliknya. Karena di Polres tidak ada tempatnya,” pungkas Kapolres. [suf/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar