Hukum & Kriminal

Ini Nama Baru Putri Natasya Jika Ganti Kelamin Dikabulkan Pengadilan

Surabaya (beritajatim.com) – Putri Natasya (19) tahun, wanita berkelamin ganda ini kembali menjalani sidang permohonan ganti jenis kelamin. Dalam sidang kali ini, pemohon melalui kuasa hukumnya Martin Suryana mengajukan saksi.

Tiga saksi yang didatangkan dalam persidangan yang dipimpin hakim R Anton Widyopriono adalah bidan pendamping, saksi ahli dokter spesialis bedah plastik dari Rumah Sakit Dr Soetomo dan saksi ahli aspak hukum Islam dari Universitas Airlangga.

Saksi spesialis bedah plastik dari Rumah Sakit Dr Soetomo Lobredia Zarasade menyatakan bahwa dari hasil pemeriksaan dalam baik itu USG maupun kromosom Putri Natasya adalah seorang laki-laki karena tidak memiliki rahim. Dan kromosom yang bersangkutan identik dengan laki-laki.

“Pemohon menderita kelainan hipospadia tipe scrotal, yaitu kelainan yang hanya dialami oleh laki-laki. Dan ini kategori kelainan langka, hanya terjadi 1 dibanding 4500,” ujarnya, Rabu (12/2/2020).

Sementara bidan pendamping Heny Rachmawati menyatakan bahwa pemohon dilihat secara fisik memang tampak seperti laki-laki. Dan saat usia sudah 19 tahun, namun pemohon tidak haid atau datang bulan.

“Kalau ada wanita umur 16 tahun namun tidak haid maka harus diperiksakan, terlebih lagi pemohon juga tidak memiliki rahim seperti yang dikatakan ahli,” ujarnya.

Sementara kuasa hukum pemohon yakni Martin Suryana menyatakan apabila nanti permohonan ganti jenis kelamin ini dikabulkan maka pemohon akan ganti nama dari Putri Natasya menjadi Achmad Putra Adinata.

“Secara aspek hukum Islam tadi sudah jelas terungkap dan secara medis memang mengalami kelainan hipospadia scrotal yang memang diderit laki-laki. Kadi Putri ini laki-laki, karena kurang pemahaman sehingga dia diperpakukan sebagai wanita. Dan kita upayakan agar statusnya sesuai dengan kodratnya,” ujarnya.

Perlu diketahui, gadis asal Blora Jawa Tengah yang sejak kecil memiliki kelamin ganda siap menjadi laki-laki. Permohonan persidangan ini tergolong unik karena Putri sejak kecil memiliki kelamin ganda yang diperkuat dengan keterangan medis dan seiring perkembangan waktu, dan Putri merasa lebih nyaman menjadi laki-laki.

Menurut catatan medis, kromosom laki-lakinya lebih dominan dan hormon perempuannya telah dimatikan. [uci/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar