Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Ini Modus Pencurian 6 Tersangka Lintas Provinsi yang Ditangkap Polres Ponorogo

Enam tersangka telah diamankan di Mapolres Ponorogo. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Enam  tersangka kawanan pencurian dengan pemberatan berhasil ditangkap oleh Satreskrim Polres Ponorogo. Mereka berinisial RE (53), N (41), AF (42), K (50), J (36) dan IMI (38). Para tersangka ini merupakan pemain lintas provinsi.

Rumah tersangka pun berbeda-beda, ada yang berasal dari Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Selain itu mereka juga residivis, berbagai tindak pidana kejahatan.

“Para tersangka ini juga seorang residivis. Sudah keluar masuk penjara beberapa kali,” kata Kapolres Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo, Sabtu (13/11/2021).

Di Ponorogo, mereka beraksi di tiga lokasi, yakni di toko aki di Kecamatan Sukorejo, toko pertanian di Kecamatan Babadan dan toko aki di Kecamatan Jetis. Selain itu, berdasarkan keterangan para tersangka, ada 6 lokasi yang berada di luar Ponorogo juga turut digasak oleh komplotan tersebut.

Yakni di toko aki di Kecamatan Pilangkenceng Madiun toko alat diesel di Kediri. Kemudian empat lokasi dinwilayah Jawa Tengah. Yakni toko susu di Ungaran, toko bangunan di Semarang, toko kaos anak-anak di Weleri Kendal dan toko aki di Sukoharjo.

“Selain tiga lokasi di Ponorogo, komplotan ini juga berhasil menggasak 6 TKP lainnya di luar Ponorogo. Kalau Jawa Timur di Madiun dan Kediri, sisanya di Jawa Tengah,” katanya.

Catur mengungkapkan modus yang digunakan para tersangka ini dengan merusak kunci gembok pintunya. Mereka membobolnya dengan menggunakan gunting pemotong baja. Sebelumnya salah satu tersangka sudah melakukan survei. Sekiranya waktunya sudah aman, baru mereka melancarkan aksi.

“Mereka melakukannya pada malam hari, waktu lingkungan disekitar lokasi sepi. Untuk membuka kunci pintu, mereka merusaknya dengan gunting pemotong baja,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, satreskrim Polres Ponorogo berhasil ungkap kasus tindak pidana pencurian dengan pemberatan di wilayah hukumnya. Sebanyak 6 tersangka berhasil diamankan atas kasus pencurian dengan 3 lokasi di wilayah bumi reyog ini. Yakni toko aki di Kecamatan Sukorejo, toko pertanian di Kecamatan Babadan dan toko aki di Kecamatan Jetis. Keenam tersangka, yakni inisial RE (53), N (41), AF (42), K (50), J (36) dan IMI (38). Mereka bukan berasal dari Ponorogo, melainkan berasal dari Jawa Tengah dan paling banyak dari Jakarta.

“Kami berhasil mengamankan 6 tersangka yang merupakan jaringan lintas provinsi. Jadi para tersangka bukan dari Ponorogo, melainkan dari Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jakarta,” kata Kapolres Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo.

Pengungkapan kasus tersebut berawal saat petugas berhasil melacak keberadaan barang curian dari Ponorogo berada di daerah Brebes Jawa Tengah. Dari petunjuk awal tersebut, petugas melakukan penyelidikan. Kemudian berhasil mengamankan 2 tersangka yang merupakan penadah barang curian tersebut, yakni tersangka J dan IMI di Brebes.

“Dari 2 tersangka yang berhasil ditangkap, petugas terus mengembangkan hingga berhasil menangkap 4 tersangka lainnya,” ungkap mantan Kapolres Batu itu.

Dari 4 tersangka yang berhasil ditangkap ini, petugas bisa menekuknya di dua lokasi yang berbeda. Pertama di daerah Klaten Jawa Tengah dan kedua di Kediri Jawa Timur saat mereka juga akan melancarkan aksi. Beruntung petugas dapat mengamankan sebelum beraksi kembali. Ada 3 tersangka saat akan ditangkap, malah melawan petugas. Sehingga akhirnya petugas melakukan tindakan tegas terukur kepada 3 tersangka tersebut.

“Sebagian tersangka tertangkap di Kediri saat akan melancarkan aksi pencurian disana,” katanya. (end/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar